visitaaponce.com

Trenggono Pastikan Keamanan Siber Neraca Sumber Daya Laut

Trenggono Pastikan Keamanan Siber Neraca Sumber Daya Laut
Keamanan siber laut(Ilustrasi)

MENTERI Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono berkomitmen memperkuat keamanan siber dari Neraca Sumber Daya Laut Indonesia atau Ocean Accounting Indonesia (OAI) yang baru saja diresmikan.

“Insya Allah kita akan lindungi terus lewat firewall yang baik, kita juga punya backup data selain nanti kita taruh juga di Pusat Data Nasional,” ujar Trenggono dikutip dari Antara, Jumat (5/7).

Ocean Accounting Indonesia adalah sistem berbasis web yang menampilkan nilai ekonomi, ekologi, dan sosial dari sumber daya laut. Sistem ini juga menganalisis dampak lingkungan dari berbagai kegiatan di laut, seperti perikanan, pembangunan infrastruktur, dan wisata bahari.

Baca juga : 2024, KKP bakal Gunakan Satelit Starlink Milik Elon Musk

Sistem ini mencakup tujuh komponen data, yaitu aset ekosistem, arus ke ekonomi, arus ke lingkungan, ekonomi kelautan, tata kelola, presentasi kombinasi, dan kekayaan laut. Data diolah secara dinamis untuk menghasilkan informasi terbaru sesuai kondisi lapangan.

“Selama ini kita tidak tahu persis perubahan apa yang terjadi di lautan kita. Dengan teknologi ini, kita dapat lebih mudah mengetahui kondisi laut. Misalnya, apakah sudah terjadi overfishing, apakah pesisir di kawasan ini mulai rusak, atau apakah program konservasi di tempat ini berjalan efektif,” jelasnya.

Trenggono menambahkan, Ocean Accounting Indonesia akan terus dikembangkan dari sisi fitur maupun informasi yang dihasilkan. Pengadaan satelit dan drone laut di antaranya akan mendukung kinerja sistem ini.

Hingga kini, terdapat sepuluh kawasan laut yang terhubung dalam Ocean Accounting Indonesia, meliputi konservasi Gili Matra, Banda, Padaido, Raja Ampat, Waigeo Barat, Anambas, Pieh, Aru, Sawu, dan Pulau Kapoposang. (Ant/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat