visitaaponce.com

Xi Absen di KTT Ke-43 ASEAN

Xi Absen di KTT Ke-43 ASEAN
Presiden Tiongkok Xi Jinping tidak menghadiri KTT ASEAN ke-43 tahun ini.(AFP)

PRESIDEN Tiongkok Xi Jinping tidak akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN tahun ini, yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 5-7 September 2023. Ketidakhadiran Xi dikonfirmasi Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

Disebutkan bahwa Tiongkok akan mengirim Perdana Menteri Dewan Negara Li Qiang untuk menghadiri KTT ke-26 Tiongkok-ASEAN, KTT ke-26 ASEAN Plus Three (APT), dan KTT ke-18 Asia Timur.

Beijing mengaku mendukung penuh tema keketuaan ASEAN Indonesia tahun ini, yaitu ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. "Kami berharap pertemuan-pertemuan (ASEAN) ini akan meningkatkan solidaritas, memperdalam kerja sama, fokus pada pembangunan, dan memberikan lebih banyak stabilitas dan energi positif ke dalam lanskap internasional dan regional," ujar pernyataan kementerian luar negeri Tiongkok.

Baca juga: Indonesia Diapresiasi karena Berhasil Eratkan Hubungan ASEAN dan Pasifik

Dalam kerangka ASEAN, Tiongkok mendorong penguatan kerja sama di berbagai bidang seperti perdagangan dan sektor-sektor berkembang, dan bersama-sama mendorong episentrum pertumbuhan regional untuk mendorong pembangunan bersama.

Selain itu, Tiongkok juga mendorong kelanjutan pertukaran antar masyarakat dengan lebih cepat, serta meningkatkan pertukaran antara lembaga budaya dan pendidikan, media dan lembaga think tank, untuk mengkonsolidasikan landasan publik.

Baca juga: Jokowi dan PM Timor Leste Bahas Pengembangan Kawasan Ekonomi di Perbatasan

Negeri Tirai Bambu juga mendorong kemajuan proses integrasi ekonomi regional, menjaga rantai industri dan pasokan regional tetap stabil dan tidak terkekang, dan membangun perekonomian regional yang terbuka.

"Terakhir, menjaga arsitektur kerja sama regional yang berpusat pada ASEAN, terbuka dan inklusif, menjunjung tinggi multilateralisme sejati, dan menolak tindakan pembentukan kelompok ekslusif yang menciptakan perpecahan dan melemahkan perdamaian dan stabilitas regional," pungkas pernyataan tersebut. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat