visitaaponce.com

Biden Pimpin Pertemuan Eksekutif Sektor Teknologi di Vietnam

Biden Pimpin Pertemuan Eksekutif Sektor Teknologi di Vietnam
Ki-Ka: Menlu AS Antony Blinken, Presiden AS Joe Bidden, PM Vietnam Pham Minh Chin, dan Menteri Perencanaan & Investasi Vietnam Nguyen C Dung(AFP/SAUL LOEB)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan para eksekutif senior dari perusahaan-perusahaan teknologi ternama AS termasuk Google dan Intel bertemu dengan para pemimpin bisnis Vietnam pada Senin (11/9). Pertemuan itu dilakukan setelah kedua negara sepakat untuk memperdalam kerja sama dalam menghadapi keprihatinan terhadap Tiongkok.

Produsen mobil listrik VinFast, perusahaan internet VNG, dan dompet digital Momo adalah beberapa perusahaan yang akan ikut dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan juga produsen pesawat Boeing.

Kemitraan baru disebutkan mencakup kesepakatan tentang semikonduktor, dengan AS berkomitmen untuk membantu Vietnam mengembangkan kemampuannya dan memperluas produksi.

Baca juga: Biden Melarang Pengeboran Minyak dan Gas di Alaska

Semikonduktor sangat penting bagi kehidupan modern, ditemukan di setiap perangkat elektronik mulai dari mainan anak-anak dan ponsel pintar hingga mobil listrik dan sistem persenjataan canggih.

Bulan lalu, Biden mengambil langkah untuk membatasi investasi AS di bidang teknologi Tiongkok di area sensitif termasuk semikonduktor, komputasi kuantum, dan kecerdasan buatan.

Baca juga: Ancaman Tiongkok Meningkat, AS dan Vietnam Siap Perluas Hubungan

Washington ingin mendiversifikasi dan memperkuat rantai pasokannya setelah serangkaian guncangan menghantam ekonomi global, Washington semakin melirik Vietnam, yang memiliki cadangan tanah jarang terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok.

Senin juga akan menjadi hari penandatanganan kesepakatan antara Vietnam Airlines dan Boeing untuk pembelian 50 pesawat 737 MAX. (AFP/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat