visitaaponce.com

Listrik Diputus, Rumah Sakit Gaza Jadi Kuburan

Listrik Diputus, Rumah Sakit Gaza Jadi Kuburan
Penuh, tumpukan mayat di kamar jenazah Rumah Sakit Al-Shifa, Gaza, Palestina, Kamis (12/10).(AFP/MAHMUD HAMS)

TIM evakuasi Palestina, telah mengeluarkan 18 jenazah dari reruntuhan dua rumah yang hancur di Khan Younis di Gaza selatan. Korban tewas termasuk sembilan anak-anak dan dua wanita.

Berbagai media di Palestina melaporkan bahwa serangan udara Israel terhadap sebuah bangunan tempat tinggal di Gaza utara telah menewaskan sedikitnya 15 orang. Serangan itu tepatnya terjadi di Kota Jabaliya pada Kamis (12/10) pagi.

Pada saat yang bersamaan, rumah sakit di Gaza berubah menjadi kuburan karena kekurangan listrik. Palang Merah Internasional (ICRC) telah memperingatkan bahwa rumah sakit membutuhkan pasokan listrik.

Baca juga : Liga Arab Kecam Blokade Israel terhadap Gaza

Staf ICRC Gaza Hisham Mhanna mengatakan dalam beberapa jam ke depan satu-satunya perusahaan listrik di wilayah Palestina akan ditutup sepenuhnya. Rumah sakit di seluruh Gaza sudah terguncang karena kekurangan staf dan pasokan, sementara jumlah korban luka kritis bertambah setiap jamnya karena pemboman Israel yang terus menerus.

ICRC juga menawarkan bantuannya untuk membebaskan tawanan yang dibawa Hamas dari Israel selatan pada Sabtu (7/10). “Kami sekarang menjalin kontak dengan Hamas dan pejabat Israel sebagai bagian dari upaya mengatasi masalah penyanderaan,” kata ICRC dalam pernyataan singkatnya.

Baca juga : 11 Staf dan 30 Murid di Sekolah PBB di Gaza Tewas Akibat Gempuran Israel

“Sebagai mediator yang netral, kami siap melakukan kunjungan kemanusiaan; dan memfasilitasi pembebasan apa pun pada akhirnya,” tambah pernyataan ICRC.

Para pejabat Israel mengatakan Hamas menahan sekitar 150 orang, termasuk tentara, pria, wanita, anak-anak dan orang lanjut usia di Gaza. (Aljazeera/Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat