visitaaponce.com

Liga Arab Kecam Blokade Israel terhadap Gaza

Liga Arab Kecam Blokade Israel terhadap Gaza
Warga Palestina di Gaza City melakukan evakuasi usai perumahan mereka hancur dihantam serangan udara Israel.(AFP/MOHAMMED ABED)

MENTERI luar negeri negara-negara Arab, Rabu (11/10), mengecam blokade Israel terhadap Gaza sebagai tanggapan atas serangan militan Palestina, Hamas, ke wilayah 'Negeri Zionis' itu. Mereka juga menuntut agar bantuan kemanusiaan segera diizinkan masuk ke Jalur Gaza.

Israel telah memberlakukan blokade total terhadao\p Jalur Gaza, mematikan aliran air, makanan, listrik, dan barang kebutuhan lainnya setelah Hamas melancarkan serangan mematikan pada Sabtu (7/10).

Pada Rabu (11/10), Israel melanjutkan serangan udara terhadap Jalur Gaza yang menyebabkan satu-satunya pembangkit listrik di wilayah itu berhenti beroperasi.

Baca juga: Hizbullah Akui Mereka Tembakkan Rudal dari Libanon ke Israel

Perusahaan listrik Palestina mengumumkan pembangkit listrik mereka sudah kehabisan bahan bakar.

Dalam pertemuan Liga Arab di Kairo, menteri luar negeri negara-negara Arab membahas perang antara Israel dan Hamas dan menuntut Israel mencabut blokade terhadap Gaza.

Mereka juga menyerukan segera diizinkannya bantuan kemanusiaan berupa makanan, bahan bakar dan lainnya untuk masuk ke Jalur Gaza.

Baca juga: Ketidaknyamanan Negara-Negara Arab Sekutu Israel Lihat Perang Gaza

Liga Arab juga meminta Israel untuk mempertimbangkan keputusan tidak adil mereka untuk memutuskan pasokan listrik dan air ke Gaza.

Serangan udara Israel ke Jalur Gaza selama lima hari telah menyebabkan kawasan itu luluh lantak.

Serangan itu menghantam perumahan, masjid, pabrik, dan toko, ungkap Salama Marouf dari kantor media pemerintahan Gaza.

Pasokan medis, termasuk oksigen, semakin menipis di rumah sakit Al-Shifa, yang dipenuhi pasien.

Israel melaporkan sebanyak 1.200 orang tewas dalam serangan Hamas pada Sabtu (7/10) sementara pemerintah Gaza mengungkapkan sebanyak 1.000 orang tewas dalam serangan udara Israel. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat