visitaaponce.com

Dalam Sepekan Afghanistan Diguncang Tiga Gempa Besar

Dalam Sepekan Afghanistan Diguncang Tiga Gempa Besar
Korban gempa Afghanistan menunggu untuk diobati di rumah sakit, Minggu (15/10).(AFP)

GEMPA bumi  baru melanda Provinsi Herat, Afghanistan barat pada Minggu (15/10). Bencana ini kembali terjadi setelah beberapa hari setelah lalu dua gempa besar di wilayah tersebut menewaskan lebih dari 1.000 orang.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa berkekuatan 6,3 skala richter terjadi di dekat kota Herat. Itu berada di kedalaman 6,3 km.

Sejauh ini belum ada laporan adanya korban jiwa. Lebih dari 90% korban tewas dalam gempa sebelumnya adalah perempuan dan anak-anak, kata badan anak-anak PBB, UNICEF.

Baca juga : Belasan Orang Dinyatakan Hilang Akibat Gempa di Tiongkok

Dalam laporannya, USGS mengatakan pusat gempa terbaru berada 30 km barat laut Herat, kota terbesar ketiga di Afghanistan yang dekat dengan perbatasan Iran. Gempa bumi sebelumnya melanda Zindajan, sebuah distrik pedesaan sekitar 40 km dari Herat.

Guncangan tersebut menyebabkan seluruh rumah, yang terlalu rapuh untuk menahan gempa, hancur menjadi puing-puing. Penduduk desa menggunakan sekop dan tangan kosong untuk mencari orang hilang.

Afghanistan telah terguncang akibat krisis ekonomi sejak pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban pada 2021, ketika bantuan yang diberikan langsung kepada pemerintah dihentikan. Negara ini sering dilanda gempa bumi, terutama di pegunungan Hindu Kush, karena terletak di dekat persimpangan lempeng tektonik Eurasia dan India.

Pada Juni tahun lalu, provinsi Paktika dilanda gempa berkekuatan 5,9 skala Richter yang menewaskan lebih dari 1.000 orang dan menyebabkan puluhan ribu orang kehilangan tempat tinggal. (BBC/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat