visitaaponce.com

Liga Arab Minta Israel Hentikan Operasi Militer di Gaza

Liga Arab Minta Israel Hentikan Operasi Militer di Gaza
Militer Israel bersiap melakukan serangan darat ke Gaza(AFP)

SEKETARIS Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit menuntut diakhirinya operasi militer Israel di Jalur Gaza, dan menyebut pengepungan total terhadap daerah kantong tersebut sebagai suatu langkah yang "merampas rasa kemanusiaan rakyat Palestina."

"Kami menuntut segera diakhirinya operasi militer dan pembukaan koridor aman untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat," kata Ahmed Aboul Gheit dalam pertemuan para menteri kehakiman Arab di Baghdad, Irak.

Israel menyatakan perang terhadap kelompok pejuang Palestina Hamas pada 8 Oktober, sehari setelah Hamas melancarkan serangan kilat lintas perbatasan dari jalur darat, laut dan udara. Para pejuang Hamas melancarkan serangan mengejutkan, yang menewaskan lebih dari 1.400 orang.

Baca juga : Israel Sebut Hamas Culik 199 Sandera

Terguncang oleh serangan paling mematikan dalam sejarahnya, Israel melancarkan kampanye pengeboman tanpa henti di Jalur Gaza sebagai bentuk pembalasan, yang sejauh ini telah menewaskan sedikitnya 2.750 warga Palestina.

Baca juga : WHO: Gaza Hanya Punya Sisa Waktu 24 Jam sebelum Terjadi Bencana Kemanusiaan

Israel juga telah memutus pasokan air, listrik, makanan dan bahan bakar ke Gaza dalam menghadapi Hamas. 

Menurut Aboul Gheit, seperti dikutip dari AFP, langkah tersebut telah "merampas kemanusiaan rakyat Palestina dan membuka jalan bagi pembersihan etnis."

Selain memutus pasokan, Israel telah menyerukan kepada semua warga Palestina di Gaza bagian utara untuk segera mengungsi ke selatan, sebelum Tel Aviv memulai serangan darat untuk menghabisi Hamas. (MGN/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat