visitaaponce.com

Irlandia Serangan terhadap RS Gaza Harus Diselidiki sebagai Kejahatan Perang

Irlandia: Serangan terhadap RS Gaza Harus Diselidiki sebagai Kejahatan Perang
Kondisi rumah sakit di Gaza yang diserang Israel.(AFP)

Presiden Irlandia Michael Daniel Higgins menegaskan bahwa serangan udara mematikan oleh Israel yang ditujukan ke rumah sakit Al-Ahli al-Arabi di Gaza, Palestina, harus diselidiki sebagai kejahatan perang.

Higgins menekankan pentingnya penyelidikan yang objektif dan adil untuk menentukan penyebab serangan, pihak yang bertanggung jawab, dan konsekuensi dari insiden tersebut.

"Ini harus diselidiki, tentu saja, sebagai kejahatan perang," kata Higgins, seperti diberitakan oleh surat kabar daring Irlandia, journal.ie, Rabu (18/10).

Baca juga: Irlandia Janjikan Bantuan Kemanusiaan Senilai Rp216 Miliar untuk Palestina

Higgins mengatakan orang-orang di Gaza selatan sudah hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan karena kekurangan makanan dan air. Dalam kondisi tersebut, Israel masih saja melakukan serangan terhadap warga sipil. Ia pun menyatakan kemarahannya atas setiap serangan tersebut.

"Saya menyatakan, dan berulang kali menyatakan, rasa muak terhadap serangan-serangan itu," tegasnya.

Baca juga: Amerika Veto Resolusi PBB soal Perang Israel-Hamas

Ia juga meminta semua pihak tidak hanya fokus pada serangan tersebut karena masih ada banyak kejahatan Israel terhadap warga Palestina, seperti memutus pasokan air, bantuan medis, dan makanan.

Selain menyerukan gencatan senjata, Presiden Irlandia juga menekankan pentingnya menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Ia juga menegaskan bahwa rakyat Palestina tidak sama dengan Hamas.

Setidaknya 471 orang tewas dan 342 lainnya luka-luka dalam serangan udara Israel di Rumah Sakit Al-Ahli di Gaza pada Selasa malam waktu setempat. Secara total, 3.478 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Gaza, dan lebih dari 1.400 orang tewas dari kubu Israel. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat