visitaaponce.com

Badai Otis Menguat Menjadi Kategori 5 dan Mengarah ke Meksiko

Badai Otis Menguat Menjadi Kategori 5 dan Mengarah ke Meksiko
Pusat Badai Nasional Amerika Serikat mengatakan badai Otis meningkat menjadi kategori 5 dan berpotensi bencana.(AFP)

BADAI Otis meningkat menjadi badai Kategori 5 yang berpotensi bencana pada Selasa saat menuju ke resor pantai Acapulco di Meksiko, demikian laporan Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC).

Kecepatan angin maksimum meningkat hingga sekitar 160 mil per jam (260 kilometer per jam), menurut NHC, yang menempatkan Otis dalam kategori paling kuat dalam skala lima tingkat Saffir-Simpson. "Nampaknya akan terjadi kerusakan bencana di wilayah inti badai saat mendarat," peringatan NHC.

"Otis diprediksi akan tetap sebagai badai Kategori 5 saat mendarat, dan kemudian akan melemah dengan cepat karena medan yang lebih tinggi di Meksiko," tambahnya.

Baca juga : 48 Orang Tewas Akibat Badai Otis

Pada Selasa malam, pusat badai berjarak sekitar 55 mil dari Acapulco, dan peringatan badai berlaku untuk pantai dari Punta Maldonado hingga Zihuatanejo. Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengimbau melalui media sosial agar masyarakat pindah ke tempat perlindungan darurat dan menjauhi sungai, aliran sungai, dan jurang.

Tentara terlihat melakukan patroli di pantai Acapulco, di mana pengunjung sebelumnya menikmati ketenangan sebelum badai tiba. "Kami tidak akan menjalankan tur hari ini," kata operator perahu Carolina Torres, berharap Otis akan melemah sebelum mendarat.

"Hal ini sangat serius bagi kami jika badai ini mendarat di sini," tambahnya.

Baca juga : Meksiko Bergegas Membantu Acapulco Setelah Badai Besar

Hujan dengan perkiraan hingga 20 inci (51 sentimeter) diharapkan akan terjadi di wilayah Guerrero dan beberapa bagian dari negara bagian tetangga Oaxaca, demikian NHC. "Hujan ini akan menyebabkan banjir kilat dan banjir perkotaan, serta longsor lumpur di daerah dengan medan yang lebih tinggi," peringatannya.

"Badai pasang yang berpotensi bencana diharapkan akan menyebabkan banjir pantai yang mengancam jiwa," tambahnya.

Badai melanda Meksiko setiap tahun di pantai Pasifik dan Atlantiknya, biasanya antara Mei dan November, meskipun sedikit yang mendarat sebagai Badai Kategori 5. Minggu ini, Badai Tropis Norma menyebabkan tiga orang tewas, termasuk seorang anak, setelah mendarat untuk kedua kalinya di negara bagian barat laut Sinaloa.

Norma pertama kali mendarat di Semenanjung Baja California pada Sabtu sebelum kembali ke laut, kemudian melanda daratan. Pada awal bulan ini, dua orang tewas ketika Badai Lidia, yang merupakan badai Kategori 4 "sangat berbahaya," melanda negara bagian barat Jalisco dan Nayarit.

Dan pada bulan Agustus, badai Hilary, yang pada satu titik juga merupakan badai Kategori 4, menyebabkan satu kematian dan merusak infrastruktur saat melanda Baja California. Ilmuwan telah memperingatkan bahwa badai semakin kuat seiring dengan pemanasan global yang disebabkan oleh perubahan iklim. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat