visitaaponce.com

Robert Card Prajurit AS yang Dicurigai dalam Serangan Penembakan

Robert Card: Prajurit AS yang Dicurigai dalam Serangan Penembakan
Robert Card menjadi tersangka penembakan massal di Maine. Selain anggota resimen AD AS, Card merupakan instruktur senjata berlisensi.(AFP)

PRAJURIT Robert Card, 40, Resimen Angkatan Darat Amerika Serikat (AS), menjadi tersangka penembakan yang menewaskan 18 orang di sebuah kota kecil di negara bagian utara Maine.

Insiden penembakan, yang terjadi di sebuah pusat boling dan bar di Lewiston pada malam Rabu, menjadi salah satu yang paling mematikan sejak 2017, ketika seorang penembak membuka api dalam festival musik yang ramai di Las Vegas, menewaskan 60 orang.

Pihak berwenang telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Card atas tuduhan pembunuhan. Kolonel William Ross dari Kepolisian Negara Maine menyampaikan informasi tersebut dalam konferensi pers pada hari Kamis, sambil menambahkan bahwa Card dianggap "bersenjata dan berbahaya." Masyarakat diperingatkan untuk tidak mendekati tersangka.

Baca juga: Pelaku Penembakan Massal di Maine Adalah Anggota Cadangan Militer AS

Departemen kepolisian Lewiston telah merilis gambar seorang pria berjanggut yang mengenakan jaket berwarna cokelat dan celana kargo biru, serta bersenjatakan senapan serbu. Card adalah seorang instruktur senjata berlisensi, menurut berbagai sumber penegak hukum.

Angkatan Darat AS memberikan informasi mengenai dinas militer Card, dengan menyebut bahwa ia mendaftar pada Desember 2002 dan saat ini berpangkat Sersan Satu dalam Resimen Angkatan Darat dengan "tidak pernah mengalami penugasan tempur."

Baca juga:Sedikitnya 22 orang Tewas dalam Insiden Penembakan di Maine, Amerika Serikat

"Angkatan Darat tidak pernah melatih SFC Card sebagai instruktur senjata, dan ia juga tidak pernah bertugas dalam kapasitas tersebut untuk Angkatan Darat," ujar juru bicara dalam sebuah pernyataan.

Masalah Kesehatan Mental

Card memiliki spesialisasi sebagai Spesialis Pasokan Petrol, yang melibatkan penyediaan bahan bakar yang diperlukan Angkatan Darat untuk menjaga kesiapannya sepanjang waktu, seperti yang dijelaskan oleh situs karier militer AS.

"Tugas Anda akan mencakup pengawasan dan pengelolaan penerimaan, penyimpanan, dan pengiriman produk berbasis petroleum dalam jumlah besar atau bungkus. Anda juga akan memantau penggunaannya, mendistribusikannya ke berbagai kendaraan dan pesawat, serta memastikan pengangkutan dan penanganan produk berlangsung dengan aman," begitu penjelasan yang diberikan.

Menurut laporan ABC News, Card pernah menjalani dua minggu di fasilitas kesehatan mental awal tahun ini setelah dituduh mengancam akan melakukan penembakan di fasilitas Garda Nasional.

NBC News juga menyebut ancaman terhadap instalasi Garda Nasional, dengan mengutip buletin penegak hukum yang menyatakan bahwa Card "baru-baru ini melaporkan masalah kesehatan mental, termasuk mendengar suara-suara dan ancaman untuk menembaki Basis Garda Nasional" di Saco, Maine.

Pada konferensi pers hari Kamis, pejabat tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai laporan-laporan tersebut, dan menyatakan bahwa mereka masih belum mengetahui motif di balik peristiwa penembakan ini.

Seorang penduduk Maine, Liam Kent, memberi kesaksian kepada NBC bahwa ia besar di dekat keluarga Card dan menjelaskan mereka sebagai "penggemar senjata."

"Mereka secara praktis sangat terkait dengan milisi sayap kanan. Di kota ini, dikenal untuk menjauhi mereka dan tidak mendekatinya," ungkap Kent. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat