visitaaponce.com

PM Norwegia Kecam Kebiadaban Israel di Jalur Gaza

PM Norwegia Kecam Kebiadaban Israel di Jalur Gaza
Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store(AFP/Jonathan NACKSTRAND)

PERDANA Menteri Norwegia Jonas Gahr Store mengatakan tanggapan tentara Israel terhadap serangan mematikan kelompok pejuang kemerdekaan Palestina, Hamas, pada 7 Oktober lalu, sudah melampaui batas.

Sejauh ini, Israel telah membunuh 8.306 warga Jalur Gaza, termasuk 3.342 anak-anak, 2.062 perempuan, dan 460 orang lanjut usia. Sementara serangan Hamas menewaskan 1.500 orang.

"Hukum internasional menetapkan bahwa (reaksi) harus proporsional. Warga sipil harus diperhitungkan dan hukum humaniter sangat jelas mengenai hal ini. Saya pikir batas ini telah terlampaui,” kata Store radio publik NRK.

Baca juga: Yordania: Pemindahan Paksa Warga Palestina Merupakan Kejahatan Perang

Terlebih, setengah dari ribuan orang yang terbunuh adalah anak-anak. Dia menyebit meski Israel mempunyai hak untuk mempertahankan diri namun itu tidak berarti 'Negeri Zionis' itu dapat bertindak membabi-buta.

"Saya menyadari sangat sulit mempertahankan diri dari serangan dari wilayah padat penduduk seperti Gaza. Roket masih ditembakkan dari Gaza ke Israel, dan kami mengutuk hal ini," ucap Store.

Juru Bicara Militer Israel Daniel Hagari mengumumkan negaranya akan memperluas operasi darat. Militer Israel, katanya, akan beralih ke fase berikutnya dari perang melawan Hamas yang mencakup operasi darat.

Baca juga: Presiden Prancis Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Sebanyak 2,3 juta penduduk Gaza juga bergulat dengan kekurangan makanan, air, bahan bakar, dan obat-obatan akibat blokade Israel terhadap wilayah tersebut. (Times of Israel/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat