visitaaponce.com

Huthi Yaman Klaim Kirim lagi Pesawat tanpa Awak ke Israel

Huthi Yaman Klaim Kirim lagi Pesawat tanpa Awak ke Israel
Pasukan yang setia kepada pemberontak Huthi Yaman mengibarkan bendera Palestina saat mereka berbaris untuk menunjukkan solidaritas.(AFP/Mohammed Huwais.)

PEMBERONTAK Huthi di Yaman yang didukung Iran mengatakan pada Senin (6/11) bahwa mereka telah melancarkan serangan pesawat tak berawak baru terhadap Israel. Mereka meningkatkan serangan yang mengganggu selama perang Israel dengan Hamas.

Kelompok Huthi, yang mengklaim sebagian besar wilayah negara miskin di selatan Semenanjung Arab tersebut, menegaskan bahwa serangan terbaru tersebut telah menghentikan sementara aktivitas di pangkalan militer dan bandara Israel.

Pihak berwenang Israel tidak segera mengonfirmasi serangan tersebut. Ini merupakan serangan terbaru dari serangkaian peluncuran drone Huthi dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Hamas Sebut Luncurkan 16 Roket dari Libanon ke Israel

Juru bicara militer Huthi Yahya Saree mengatakan di X, sebelumnya Twitter, "Angkatan bersenjata Yaman meluncurkan sejumlah drone selama beberapa jam terakhir ke berbagai sasaran sensitif musuh Israel di wilayah pendudukan." Akibat operasi tersebut, aktivitas di pangkalan dan bandara yang menjadi sasaran terhenti selama beberapa jam.

Pekan lalu, kelompok Huthi mengklaim melakukan serangan pesawat tak berawak dan mengatakan mereka telah melakukan tiga serangan dengan pesawat tak berawak dan rudal balistik. Mereka mengatakan bahwa mereka bertindak sebagai bagian dari poros perlawanan terhadap Israel, yang mencakup kelompok-kelompok yang didukung Iran di Libanon, Suriah, dan Irak.

Baca juga: Kamp Pengungsi Gaza Lahir pada Masa Perang Arab-Israel Pertama

Pasukan Huthi, "Terus melakukan operasi militer yang lebih kualitatif untuk mendukung rakyat Palestina sampai agresi brutal Israel terhadap saudara-saudara kita di Gaza berhenti," tulis Saree pada Senin.

Sejak konflik dimulai, telah terjadi serangkaian serangan terhadap pasukan AS di Irak dan Suriah serta baku tembak hampir setiap hari di perbatasan Israel-Libanon antara Hizbullah dan tentara Israel. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat