visitaaponce.com

Sidang Parlemen Asia Sepakat Palestina Punya Hak untuk Merdeka

Sidang Parlemen Asia Sepakat Palestina Punya Hak untuk Merdeka
Ilustrasi(AFP)

KONFLIK Palestina-Israel menjadi isu yang paling menjadi perhatian dunia. Bahkan sejumlah pertemuan telah mengecam agresi Israel terhadap Jalur Gaza, kejahatan perang, dan pembantaian yang biadab, brutal, serta tidak manusiawi.

Salah satunya, Asian Parliamentary Assembly (APA) atau Sidang Parlemen Asia. Wakil Ketua BKSAP DPR RI Sukamta, yang juga menjadi delegasi itu mengatakan bahwa persoalan penjajahan di Palestina menjadi pembahasan penting hingga menghasilkan resolusi-resolusi.

Sidang Parlemen Asia menyatakan bahwa serangan dan pembantaian brutal Israel di Palestina adalah penjajahan dan harus segera diakhiri.

Baca juga : Israel Tembak Siapa Pun yang Coba Tinggalkan Rumah Sakit

"Draft resolusi telah dirumuskan bersama-sama, intinya : Pertama, agar perang di Palestina segera diakhiri, hentikan pembunuhan terhadap perempuan, anak-anak dan orang-orang tak berdosa. Kedua, bangsa Palestina adalah bangsa yang dijajah hari ini. Palestina punya hak untuk berjuang merebut kemerdekaannya," kata Sukamta, dlam keterangan resmi yang diterima Media Indonesia Senin (13/11).

Sidang APA yang digelar di Baghdad, Irak, 10-11 November ini diwarnai penyampaian pendapat soal Palestina dari semua delegasi. Dari negara-negara yang hadir, semuanya seragam mempertanyakan perang di Gaza Palestina.  "Mereka mempertanyakan sampai berapa ribu orang lagi yang akan dibunuh Israel agar mereka menghentikan agresinya," ujarnya.

Baca juga : Presiden: Pemerintah akan Lindungi WNI dan RS Indonesia di Gaza

Sukamta yang juga anggota Komisi I DPR ini menganggap dunia sekarang ini aneh, karena penjajah dinyatakan punya hak untuk mempertahankan diri.

"Forum APA menggarisbawahi bahwa ini adalah kolonialisme, ini penjajahan," tuturnya.

Oleh karena itu, APA menyerukan kepada seluruh warga dunia bahwa Palestina punya hak untuk berjuang merebut kemerdekaannya.

"Kita berharap ending dari ini semua adalah kemerdekaan bagi bangsa Palestina. Hak bagi para pengungsi untuk menghuni kembali wilayah Palestina dan menentang pengusiran warga Palestina baik ke luar dari Gaza atau ke luar dari Tepi Barat," ujar anggota DPR dari fraksi PKS ini. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat