visitaaponce.com

Tiongkok Dukung Resolusi KTT Luar Biasa OKI yang Mengecam Israel

Tiongkok Dukung Resolusi KTT Luar Biasa OKI yang Mengecam Israel
Dukungan masyarakat dunia terhadap Palestina.(AFP)

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Mao Ning mengungkapkan pemerintahnya mendukung resolusi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) terkait penghentian konflik Israel-Palestina di Jalur Gaza.

"KTT Liga Arab dan KTT Luar Biasa OKI mengirimkan pesan yang jelas untuk mewujudkan gencatan senjata, melindungi warga sipil, meningkatkan bantuan kemanusiaan dan menerapkan solusi dua negara. Hal ini disambut baik oleh Tiongkok," ujar Mao Ning di Beijing, Tiongkok, Senin (13/11).

KTT Luar Biasa OKI pada 11 Oktober 2023 itu menghasilkan resolusi berisi 31 keputusan kuat dan jelas untuk menghentikan konflik Israel-Palestina. Para pemimpin dari 57 negara anggota OKI, termasuk Presiden Joko Widodo, mengecam agresi Israel di Gaza dan mendesak Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang kuat guna menghentikan agresi Israel di Gaza.

Baca juga: Hamas Tuding Israel Sengaja Tunda Kesepakatan Pembebasan Sandera

"Situasi di Gaza cukup memprihatinkan dan Tiongkok mendukung semua upaya yang bertujuan untuk meredakan situasi dan mengembalikan perdamaian," imbuh Mao Ning.

Menurut dia, sejak konflik terbaru meletus, Tiongkok sudah menjalin komunikasi erat dengan pihak-pihak terkait untuk mendesak gencatan senjata dan menciptakan perdamaian. Bahkan, posisi Negeri Tirai Bambu saat ini sama dengan negara-negara Arab, Islam dan Afrika.

Baca juga: Presiden Jokowi Desak Biden Bantu Akhiri Kekejaman di Gaza

"Tiongkok akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk terus berupaya tanpa henti melindungi warga sipil, meredakan ketegangan, melanjutkan upaya perundingan damai, dan mewujudkan perdamaian," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat