visitaaponce.com

BRICS Gelar Pertemuan Dadakan demi Gaza

BRICS Gelar Pertemuan Dadakan demi Gaza
Bendera-bendera anggota BRICS.(AFP/Michele Spatari)

KELOMPOK negara-negara yang tergabung dalam BRICS (Brasil, Rusia, India, Tiongkok dan Afrika Selatan) akan mengadakan Pertemuan Gabungan Luar Biasa pada Selasa (21/11). Agendanya akan membahas situasi di Gaza, Palestina, enam minggu setelah perang antara Israel dan kelompok Palestina Hamas.

Menurut pernyataan, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa akan memimpin pertemuan virtual tersebut, yang juga akan dihadiri oleh para pemimpin Brasil, Rusia, India, dan Tiongkok. Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengonfirmasi bahwa Presiden Xi Jinping akan menghadiri KTT virtual tersebut.

Anggota baru BRICS yang keanggotaan penuhnya akan dimulai tahun depan, termasuk Arab Saudi, Argentina, Ethiopia, Iran dan Uni Emirat Arab, juga telah diundang untuk bergabung dalam pertemuan tersebut.

Baca juga : Lebih dari 20 Negara Resmi Gabung ke BRICS

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres juga akan mengambil bagian dalam pertemuan puncak itu. Para pemimpin BRICS akan menyampaikan pernyataan negara mengenai krisis kemanusiaan yang saat ini terjadi di Gaza.

Israel melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober. 

Pihak berwenang di Gaza mengatakan pada hari Senin bahwa jumlah korban tewas akibat serangan Israel yang sedang berlangsung di wilayah kantong tersebut sejak 7 Oktober telah melonjak menjadi lebih dari 13.300 orang.

Baca juga : Argentina Batal Gabung BRICS

Dalam sebuah pernyataan, kantor media pemerintah yang berbasis di Gaza mengatakan jumlah tersebut mencakup 5.600 anak-anak dan 3.550 perempuan.

Ia menambahkan bahwa mereka juga mencakup 201 staf medis, 22 anggota tim penyelamat pertahanan sipil dan 60 jurnalis. Sementara itu, korban tewas di Israel adalah sekitar 1.200 orang, menurut angka resmi. (Anadolu/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat