visitaaponce.com

Netanyahu Sambut Baik Kesepakatan dengan Hamas

Netanyahu Sambut Baik Kesepakatan dengan Hamas
PM Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kesepakatan pertukaran sandera dengan Hamas merupakan keputusan yang tepat.(AFP)

PERDANA Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kepada kabinetnya Selasa (21/11) malam, bahwa kesepakatan pertukaran sandera dengan Hamas merupakan keputusan yang tepat.

"Kesepakatan ini keputusan yang sulit namun merupakan keputusan yang tepat," kata Netanyahu.

Ia berterima kasih kepada sekutu utamanya yakni Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang telah membantu tercapainya kesepakatan dengan Hamas. Namun desakan dihadapi Netanyahu dari publik yang menuntut seluruh sandera Hamas dibebaskan.

Baca juga: Deal! Hamas-Israel Sepakati Gencatan Senjata

"Biden telah membantu memperbaiki kerangka kerja yang telah ditetapkan untuk memasukkan lebih banyak sandera dengan harga yang lebih rendah," katanya kepada kabinetnya sata menyampaikan kesepakatan tersebut.

Perundingan pertukaran sandera berada pada tahap kritis dan final, kata kementerian luar negeri Qatar. Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh mengaku telah mendekati kesepakatan gencatan senjata dengan Israel untuk memungkinkan pembebasan beberapa sandera yang ditahan di Gaza.

Baca juga: Kemenlu terus Gali Informasi terkait Kondisi 3 WNI di RS Indonesia di Gaza

Pasukan Israel memerangi militan Hamas di Gaza utara, pertempuran sengit terjadi di sekitar Rumah Sakit Indonesia. Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas mengatakan serangan udara Israel pada Senin (20/11), terhadap rumah sakit itu menewaskan sedikitnya 12 orang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa layanan medis di Gaza telah mengalami kerusakan yang sangat besar. Israel melancarkan serangan ke Gaza setelah militan Hamas melintasi perbatasan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 warga Israel. Lebih dari 240 orang lainnya disandera.

Sebanyak 14.128 orang, sebagian besar warga sipil, telah terbunuh Israel di Gaza. (France24/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat