visitaaponce.com

24 Orang Tewas Akibat Sambaran Petir di Gujarat India

24 Orang Tewas Akibat Sambaran Petir di Gujarat India
Ilustrasi sambaran petir.(Freepik)

SEDIKITNYA 24 orang tewas akibat sambaran petir di Gujarat, India Barat. Sambaran petir di daerah tersebut terjadi secara berkali-kali selama dua hari berturut-turut sejak Minggu, (26/22) hingga Senin, (27/11). Selain korban tewas, sedikitnya 23 orang juga terluka akibat sambaran petir.

Para pejabat pemerintah mengatakan hujan deras masih terus berlanjut hingga Senin (27/11) pagi. Gujarat dilanda hujan lebat yang disertai dengan badai petir serta hujan es.

Hujan juga menyebabkan kerusakan pada rumah-rumah dan hilangnya ternak di seluruh negara bagian. Sedikitnya 40 ekor hewan ternak juga tewas.

Baca juga: Militer India Bawa Peralatan Khusus Selamatkan 41 Pekerja dari Terowongan Bawah Tanah

"Kami akan segera memulai sebuah survei untuk menilai kerugian yang diderita," kata Menteri Pertanian Gujarat Raghavji Patel pada hari Senin, (27/11).

Dia menambahkan bahwa kompensasi akan diberikan kepada para korban berdasarkan hasil survei tersebut.

Departemen Meteorologi India (IMD) memperkirakan curah hujan akan terus berlanjut di beberapa bagian negara bagian ini pada hari Senin (27/11).

Baca juga: Terjebak di Terowongan Himalaya, 41 Pekerja Berharap Selamat

Menteri Dalam Negeri Federal India, Amit Shah, yang bersama dengan Perdana Menteri Narendra Modi berasal dari Gujarat, mengatakan ia sangat sedih atas jatuhnya korban jiwa.

Gujarat tidak asing dengan bencana yang berhubungan dengan hujan, tetapi hujan badai yang begitu besar tidak diperkirakan terjadi di negara bagian ini selama bulan-bulan musim dingin, dan hujan lebat membuat banyak orang lengah.

Pada bulan Agustus 2020, 14 orang tewas di negara bagian ini hanya dalam waktu dua hari dalam berbagai insiden yang berkaitan dengan hujan lebat dan banjir.

Setahun sebelumnya, pada Agustus 2019, 31 orang tewas di negara bagian ini dalam insiden terkait hujan. Sementara banjir bandang dan petir menewaskan puluhan orang di India setiap tahunnya, para ilmuwan memperingatkan bahwa peningkatan suhu global mengakibatkan serangkaian peristiwa cuaca ekstrem.

(Al Jazeera/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat