visitaaponce.com

Disambar Petir, Seorang Petani di Aceh Tewas, Empat Kritis

Disambar Petir, Seorang Petani di Aceh Tewas, Empat Kritis
Ilustrasi--Petani di Kabupaten Pidie, Aceh, sedang beraktivitas memanen padi.(MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE)

LIMA petani di Desa Mane, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh tersambar petir saat memanen padi, Sabtu (11/5) siang, sekitar pukul 02.30 WIB.

Akibatnya, seorang di antara para petani itu meninggal dunia sementara empat lainnya dalam kondisi kritis. 

Kelima petani itu adalah Zaini Yusuf, 50 (meninggal), Syamsuddin,62, (kritis), Rusli,42, (kritis), Rosmawar, 46 (kritis), dan Nurbaiti, 42, (kritis).

Baca juga : Ekonomi Sulit, Pasar Ayam Kampung di Aceh Sepi Pembeli

Sulaiman, tokoh masyarakat Kecamatan Mane, kepada Media Indonesia, Minggu (12/5), mengatakan, peristiwa itu terjadi ketika tiga lelaki pekerja pemotong padi dan dua perempuan pekerja pengangkut nibai (berkas malai yang sudah dipotong) tersebut sedang beraktivitas di lahan sawah Dusun Alue Reulieng, Desa Mane. Tiba-tiba turun hujan angin kencang sehingga para bekerja harus berteduh di pondok di tengah gundukan sawah.

Tidak dapat terhindari keliatan petir menyambar lokasi tersebut. Lalu petani pekerja penyabit padi dan pengangkut malai itu pun bertumbangan jatuh tidak sadarkan diri. 

Mengetahui peristiwa itu, warga sekitar segera melarikan kelima korban tersebut ke Puskesmas Geumpang, Kecamatan Geumpang, tetangga Kecamatan Mane.

Baca juga : Hama Wereng Cokelat Belum Teratasi Lahan Petani di Aceh Diserang Penyakit Kresek

Nyawa Zaini Yusuf gagal terselamatkan. Lelaki asal Desa Lutueng tersebut menghembuskan nafas terakhir dalam perjalanan menuju Puskesmas Geumpang.

Korban langsung dibawa pulang ke rumahnya di Desa Lutueng guna dikebumikan. Dua di antara korban kritis, yaitu Rosmawar dan Rusli, kini dirujuk ke RSUD Teungku Chik Ditiro, Kota Sigli, Ibu Kota Kabupaten Pidie.

Sedangkan Syamsuddin masih dirawat di Puskesmas Geumpang. Seorang lagi Nurbaiti sudah membaik dan diizinkan pulang. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat