visitaaponce.com

Uni Eropa Israel tidak Biarkan Bahan Bakar Cukupi Gaza

Uni Eropa: Israel tidak Biarkan Bahan Bakar Cukupi Gaza
Janez Lenarcic.(AFP/John Thys.)

PEMBATASAN Israel terhadap pasokan bahan bakar ke Jalur Gaza, Palestina, menghambat pengiriman bantuan dan akses kemanusiaan yang diwajibkan berdasarkan resolusi PBB. Ini dikatakan komisaris Uni Eropa, Janez Lenarcic, pada Selasa (28/11).

Lenarcic--yang bertanggung jawab atas manajemen krisis--berbicara ketika negara-negara Uni Eropa dan organisasi bantuan berupaya memberikan bantuan kepada 2,3 juta penduduk Gaza berdasarkan gencatan senjata yang disepakati oleh Israel dan Hamas. "Kami menyerukan peningkatan pasokan bahan bakar ke jalur (Gaza)," kata Lenarcic kepada wartawan di Brussels.

"Akses kemanusiaan harus didasarkan pada kebutuhan dan bukan pada batasan tertentu," katanya. Sebagian besar penduduk Gaza telah mengungsi akibat aksi militer Israel dan sistem kesehatan di wilayah pesisir yang sempit tersebut telah lumpuh, sementara pasokan air, makanan, obat-obatan, dan listrik hampir habis.

Baca juga: Kepala Mata-Mata AS dan Israel Bahas Fase Selanjutnya Kesepakatan Gaza

Lenarcic mengatakan pengiriman bantuan ke Gaza menghadapi dua hambatan. Salah satunya ialah truk yang harus memasuki Gaza melalui penyeberangan Rafah dengan Mesir--satu-satunya jalan masuk yang tidak masuk ke wilayah Israel--harus menjalani pemeriksaan di lokasi yang berjarak 90 menit berkendara.

Alasan lain ialah Israel hanya mengizinkan bahan bakar dalam jumlah terbatas untuk masuk ke Gaza yang masih belum mencukupi kebutuhan wilayah tersebut. Komisaris UE mengatakan Brussels menyerukan peningkatan kapasitas pemeriksaan truk dan lebih banyak bahan bakar yang diperbolehkan masuk. 

Baca juga: Kesaksian Anak Palestina yang Ditahan Israel, Disiksa, Dipukul, Dibiarkan Kelaparan

Bahan bakar tersebut, katanya, sangat penting untuk operasi kemanusiaan, rumah sakit, stasiun air, pabrik desalinasi, pompa air, dan toko roti. "Jumlah yang saat ini masuk setiap hari tidak cukup untuk semua ini," katanya.

Lenarcic menekankan bahwa resolusi Dewan Keamanan PBB yang diadopsi pada 16 November mengikat semua pihak yang mengharuskan mereka mengizinkan akses tanpa hambatan terhadap makanan, air, obat-obatan, bahan bakar, dan barang-barang penting lain untuk mencapai Gaza. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat