visitaaponce.com

5 Poin Penting yang Harus Diperhatikan pada KTT Iklim di Dubai

5 Poin Penting yang Harus Diperhatikan pada KTT Iklim di Dubai
Pembangkit listrik berbahan bakar lignit yang dioperasikan oleh perusahaan raksasa energi Jerman RWE di Neurath, Jerman.(INA FASSBENDER / AFP)

Banjir dahsyat di wilayah Tanduk Afrika, kebakaran hutan di Kanada, dan suhu global yang mencatat rekor dan belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah umat manusia, adalah dampak dari iklim yang berubah.

Para aktivis lingkungan hidup mengatakan tidak ada keraguan lagi bahwa tindakan kolektif yang mendesak diperlukan untuk melestarikan planet ini agar tetap layak huni.

Untuk itu, mulai Kamis (30/11), sejumlah kepala negara dan para ahli lingkungan akan membahas persoalan ini pada pertemuan iklim PBB (COP28) yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab. Berikut lima hal yang harus diperhatikan dari pertemuan tersebut:

Transisi energi

Semua mata tertuju pada kebijakan apa yang akan diadopsi oleh para pemimpin mengenai transisi dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan. Hal ini penting untuk membatasi pemanasan jangka panjang hingga 1,5 derajat Celsius seperti yang diatur dalam Perjanjian Paris.

Pada COP26 di Glasgow pada tahun 2021, negara-negara sepakat untuk melakukan penghentian bertahap penggunaan batubara. Sejak saat itu, momentum telah terbangun di kalangan pemerintah dan aktivis untuk memperluas gagasan serupa, mengenai minyak dan gas.

Harapan yang tinggi terhadap janji sukarela untuk meningkatkan kapasitas energi terbarukan sebanyak tiga kali lipat pada tahun 2030, sebuah tujuan yang didukung oleh Amerika Serikat dan Tiongkok dalam pernyataan iklim baru-baru ini, serta menggandakan tingkat peningkatan efisiensi energi tahunan.

Idealnya, komitmen tersebut harus diwujudkan dalam bentuk tanggapan resmi terhadap “Global Stocktake,” sebuah laporan yang diterbitkan pada bulan September dan menyoroti betapa masih sedikitnya upaya yang dilakukan dunia untuk menghadapi krisis ini.

Kompensasi Kerugian dan kerusakan

Terobosan besar pada COP27 di Sharm El-Sheikh, Mesir, adalah kesepakatan prinsip untuk memberikan kompensasi kepada negara-negara rentan iklim yang merupakan kelompok yang paling tidak bertanggung jawab atas emisi gas rumah kaca namun menghadapi dampak cuaca buruk yang semakin parah.

Akan tetapi, mengoperasionalkan dana baru ini terbukti rumit dan negosiasinya yang berlarut-larut selama lebih dari setahun. Di antara pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab: apakah semua negara akan membayar, atau hanya negara kaya saja? Siapa yang akan menjadi penerimanya? Di mana dana tersebut akan ditampung?

Kesepakatan yang rapuh dicapai pada awal November, dan presiden COP28 Sultan Ahmed Al Jaber mengatakan kepada AFP dalam sebuah wawancara baru-baru ini bahwa dia berharap keputusan akan diambil pada awal konferensi.

 

Kesenjangan pendanaan

Kelompok ahli percaya bahwa dunia membutuhkan lebih dari US$3 triliun aliran dana tahunan terkait perubahan iklim pada tahun 2030 untuk menjaga tujuan iklim tetap berjalan, namun sejauh ini negara-negara berkembang masih mengalami kegagalan, baik dalam hal percepatan dekarbonisasi, yang dikenal sebagai mitigasi, maupun dalam membangun ketahanan terhadap dampak iklim, yang dikenal sebagai adaptasi.

Pada tahun 2009, negara-negara kaya berjanji untuk menyiapkan US$100 miliar per tahun sebagai pendanaan untuk prioritas-prioritas ini pada tahun 2020 , sebuah tujuan yang akhirnya tercapai tahun lalu, menurut laporan OECD awal bulan ini.

COP28 diperkirakan akan meletakkan dasar bagi tujuan pendanaan baru untuk menyukseskan target lama sebesar US$100 miliar, meskipun para pihak tidak diharuskan untuk mengambil keputusan tahun ini.

Hal ini juga dapat memberikan peluang untuk mendefinisikan dan mengoperasionalkan klausul 2.1(c) perjanjian Paris dengan lebih baik.

Metana dan sistem pangan

Metana di atmosfer merupakan kontributor terbesar kedua terhadap perubahan iklim, namun hanya mendapat sedikit perhatian dibandingkan dengan karbon dioksida, meskipun dampak pemanasannya sangat besar.

Tiongkok, Amerika Serikat, dan UEA akan bersama-sama mengadakan pertemuan puncak gas rumah kaca metana dan non-CO2 dalam perundingan tersebut, yang mungkin akan memperkuat “Ikrar Metana Global” pada tahun 2021 untuk mengurangi emisi sebesar 30% pada tahun 2030.

COP28 juga akan menjadi konferensi pertama yang memiliki fokus utama pada sistem pangan, yang bertanggung jawab atas sepertiga gas rumah kaca buatan manusia, yang mengakibatkan cuaca buruk dan kekeringan serta mengancam produksi dan distribusi pangan.

Dihadiri Wali Kota dan Gubernur

Sekitar 70%  penduduk dunia diperkirakan akan tinggal di kota pada tahun 2050, dan meningkatkan partisipasi mereka dalam upaya melawan perubahan iklim dipandang sebagai hal yang penting, terutama ketika pemerintah di suatu negara menghambat kemajuan yang ingin dicapai. (AFP/M-3)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat