visitaaponce.com

Rudal Huthi yang Meluncur ke Israel Dicegat di Laut Merah

Rudal Huthi yang Meluncur ke Israel Dicegat di Laut Merah
Warga Yaman mengibarkan bendera dan meneriakkan slogan-slogan selama unjuk rasa solidaritas dengan rakyat Gaza pada 24 November 2023.(AFP/Mohammed Huwais.)

KELOMPOK Huthi di Yaman yang didukung Iran mengatakan pada Rabu (6/12) bahwa mereka telah menembakkan rudal ke Israel. Ini menyusul laporan militer Israel bahwa proyektil itu telah dicegat di Laut Merah.

Dalam beberapa minggu terakhir, kelompok Huthi telah melancarkan serangkaian serangan drone dan rudal terhadap Israel. Mereka menargetkan pengiriman komersial yang terkait dengan Israel dan menyita satu kapal kargo sebagai pembalasan atas perang di Gaza.

Dalam pernyataan yang di-posting di media sosial, kelompok Huthi yang menguasai sebagian besar wilayah Yaman, termasuk ibu kotanya Sanaa, mengatakan mereka telah meluncurkan sejumlah rudal balistik ke sasaran militer di Israel. Mereka akan terus melakukan operasi militer, termasuk menargetkan kapal Israel di Laut Merah, "Sampai agresi terhadap saudara-saudara kita di Gaza berhenti."

Baca juga: Serangan Israel terhadap Jurnalis Patut Diselidiki sebagai Kejahatan Perang

Sebelumnya, militer Israel mengatakan, "Peluncuran rudal permukaan-ke-permukaan menuju wilayah Israel telah diidentifikasi dan berhasil dicegat di wilayah Laut Merah oleh Sistem Pertahanan Udara Arrow. Targetnya tidak melintasi wilayah Israel dan sirene dibunyikan sesuai protokol." Pernyataan itu tanpa menjelaskan asal muasal rudal tersebut.

Perang tersebut telah memicu kemarahan luas di Timur Tengah dan mendorong terjadinya serangan terhadap pasukan Amerika di wilayah tersebut serta Israel oleh kelompok bersenjata yang menentang keduanya. Israel telah menghadapi drone dan rudal yang diluncurkan dari pasukan yang didukung Iran di Libanon dan Yaman. 

Baca juga: PBB Hentikan Pengiriman Bantuan Makanan di Yaman Utara

Pasukan Amerika di Irak dan Suriah telah menjadi sasaran dalam serangkaian serangan yang telah melukai puluhan personel AS. Awal pekan ini, Komando Pusat AS mengatakan kapal perusak Amerika telah menembak jatuh beberapa drone saat membantu kapal komersial di Laut Merah yang menjadi sasaran serangan dari Yaman. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat