visitaaponce.com

Biden Tekankan Pentingnya Melindungi Warga Sipil dalam Panggilan dengan Netanyahu

Biden Tekankan Pentingnya Melindungi Warga Sipil dalam Panggilan dengan Netanyahu
Joe Biden melalui komunikasi telepon dengan PM Israel, mengatakan penting bagi Israel melindungi warga sipil di Gaza.(AFP)

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menyampaikan kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, Kamis, bahwa melindungi warga sipil di Gaza merupakan hal yang kritikal. Biden juga menekankan pentingnya memberikan lebih banyak bantuan kemanusiaan yang harus diizinkan masuk.

Biden, dalam pembicaraan telepon pertamanya dengan Netanyahu sejak 26 November, menyerukan pembentukan koridor kemanusiaan untuk "memisahkan penduduk sipil dari Hamas".

"Dalam pernyataannya, Gedung Putih menegaskan bahwa "Presiden menekankan keharusan kritis untuk melindungi warga sipil dan memisahkan mereka dari Hamas, termasuk melalui koridor yang memungkinkan perpindahan orang dengan aman dari daerah yang ditetapkan sebagai zona konflik," ujar pernyataan dari Gedung Putih.

Baca juga: Serangan Israel terhadap Jurnalis Patut Diselidiki sebagai Kejahatan Perang

Amerika Serikat telah dengan tegas mendukung hak Israel untuk membela diri setelah serangan oleh Hamas pada 7 Oktober, di mana Israel menyatakan 1.200 orang tewas dan 138 orang tetap ditahan.

Meskipun demikian, pemerintahan Biden menyatakan keprihatinan terhadap jumlah warga sipil Palestina yang terlalu banyak yang tewas akibat serangan Israel. Kementerian kesehatan yang dikelola Hamas melaporkan jumlah korban jiwa telah mencapai 17.177 pada Kamis.

Baca juga: Rudal Huthi yang Meluncur ke Israel Dicegat di Laut Merah

Amerika Serikat juga mendorong Israel, yang saat ini melakukan serangan di selatan Gaza setelah gencatan senjata singkat yang gagal pekan lalu, untuk melakukan langkah-langkah lebih lanjut dalam melindungi warga sipil.

"Perlu diingat bahwa Israel harus memberikan prioritas perlindungan terhadap warga sipil," ujar Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Britania Raya David Cameron. "Masih penting bahwa Israel memastikan perlindungan warga sipil sesuai dengan niat mereka."

Amerika Serikat juga mendorong agar bantuan lebih banyak dapat masuk ke Gaza.

Biden menyambut baik keputusan Israel memperbolehkan masuk lebih banyak bahan bakar setelah kandasnya gencatan senjata, tetapi menggarisbawahi bantuan yang jauh lebih besar sangat dibutuhkan di berbagai sektor.

Ia juga menyerukan agar Hamas memungkinkan Palang Merah mengakses tawanan yang masih dipegang kelompok militan Palestina tersebut.

Biden secara terpisah berbicara dengan Raja Abdullah II Yordania, dan keduanya sepakat untuk bekerja menuju perdamaian yang berkelanjutan di Timur Tengah, termasuk pembentukan negara Palestina. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat