visitaaponce.com

Jet Tempur AS F-16 Jatuh Saat Latihan di Korea Selatan

Jet Tempur AS F-16 Jatuh Saat Latihan di Korea Selatan
Jet tempur F-16 mengalami kecelakaan saat melakukan latihan di Korea Selatan. Pilot berhasil diselamatkan setelah melakukan evakuasi darurat(AFP)

SEBUAH jet tempur F-16 Amerika Serikat mengalami kecelakaan pada Senin di Korea Selatan selama latihan. Menurut agensi berita Yonhap, pilot berhasil diselamatkan setelah melakukan evakuasi darurat.

"Jet itu jatuh ke perairan setelah lepas landas dari pangkalan udara di Gunsan, 178 kilometer selatan Seoul," demikian laporan agensi tersebut, merujuk kepada perairan di Laut Kuning.

Pilot berhasil melepas diri dari jet dan berhasil diselamatkan, demikian dilaporkan oleh Yonhap.

Baca juga: Pyafaesthetic dan JMBiotech Undang Dermatologis dan GP Aesthetic ke Korsel

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menolak memberikan komentar. United States Forces Korea, yang mengawasi prajurit Amerika yang berbasis di Korea Selatan, belum dapat memberikan konfirmasi terkait laporan tersebut.

Pada Mei, jet F-16 AS mengalami kecelakaan selama latihan rutin di daerah pertanian di selatan Seoul. Pilot dapat mengeluarkan diri dengan aman dan kecelakaan tersebut tidak menimbulkan korban lain.

Baca juga: Banyak Sekolah di Korsel Terancam Tutup karena Semakin Sedikit Anak Lahir

Washington adalah sekutu keamanan kunci bagi Seoul dan menempatkan sekitar 28.500 tentara di Korea Selatan untuk membantu melindunginya dari ancaman dari Korea Utara yang bersenjata nuklir.

Di Jepang tetangga, militer AS mengumumkan pekan lalu bahwa mereka akan menangguhkan penggunaan armada pesawat V-22 Osprey tilt-rotor mereka setelah terjadi kecelakaan yang menewaskan delapan anggota udara AS.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat