visitaaponce.com

AS dan Israel Tolak Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

AS dan Israel Tolak Resolusi Gencatan Senjata di Gaza
Amerika Serikat dan Israel menjadi dua dari negara yang menolak resolusi gencatan senjata di Gaza pada Majelis Umum PBB.(AFP)

MAJELIS Umum PBB mengeluarkan resolusi yang menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza pada Selasa (12/12). Seruan tersebut sejauh ini gagal dikeluarkan Dewan Keamanan (DK) PBB karena kerap diveto sekutu Israel, khususnya Amerika Serikat (AS)

Hasil pemungutan suara di badan dunia yang beranggotakan 193 negara itu menghasilkan 153 suara setuju, 10 suara menentang, dan 23 suara abstain. AS dan Israel termasuk dalam 10 suara yang menentang resolusi tersebut.

Negara lain yang ikut menolak termasuk Austria, Paraguay serta beberapa negara seperti Republik Ceko, Paraguay, Papua Nugini, Guatemala, Liberia, Mikronesia, Nauru. Mereka adalah negera-negara miskin yang tergantung kepada AS.

Baca juga: Australia, Kanada, Selandia Baru Peringatkan Israel akan Penderitaan di Gaza

Negeri Paman Sam tegas mendukung genosida yang dilakukan Israel di Gaza. Sebelumnya, AS juga mengeluarkan veto di DK PBB untuk gencatan senjata pada Jumat (8/12) dengan alasan resolusi itu tidak dilengkapi kecaman terhadap Hamas.

Berbeda dengan resolusi DK PBB, resolusi Majelis Umum tidak mengikat secara hukum. "Namun pesan ini juga sangat penting dan mencerminkan opini dunia," kata juru bicara PBB Stephane Dujarric.

Baca juga: Dukungan Gencatan Senjata di Gaza Meluap di Majelis Umum PBB

Pemungutan suara di Majelis Umum mencerminkan semakin terisolasinya AS karena menolak mengikuti tuntutan gencatan senjata. Dibandingkan dengan PBB atau organisasi internasional lainnya, AS dipandang sebagai satu-satunya entitas yang mampu membujuk Israel untuk menerima gencatan senjata sebagai sekutu terdekat dan pemasok persenjataan terbesarnya. (AFP/France24/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat