visitaaponce.com

Berharap Uang, AS Kadoi Ukrainia Sanksi Kepada Rusia

Berharap Uang, AS Kadoi Ukrainia Sanksi Kepada Rusia
Pertemuan Volodymyr Zelensky dan Joe Biden di Washington.(AFP)

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky mendapatkan kado saat mengunjungi Washington, Amerika Serikat (AS). Paman Sam memberikan sanksi ekonomi dan diplomatik kepada ratusan individu dan perusahaan, mulai dari Rusia, Tiongkok, Turki, dan Uni Emirat Arab (UEA), pada Selasa (12/12).

Sanksi terbaru ini diluncurkan ketika Zelensky mengunjungi ibu kota AS itu untuk meminta lebih banyak dukungan finansial. Alasannya guna melawan invasi Rusia yang akan memasuki tahun ketiga pada Februari.

Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada Zelensky bahwa sanksi itu akan menjadi hadiah Natal untuk Vladimir Putin dari Rusia jika Kongres gagal memberikan bantuan militer baru untuk Kyiv.

Baca juga: Biden Tegaskan Dukung ke Ukraina dan Memperingatkan Ancaman Kemenangan Putin

Berbicara di Ruang Oval Gedung Putih, Biden mengatakan kepada Zelensky bahwa AS mendukung Ukraina, bahkan ketika Partai Republik memblokir paket bantuan baru senilai US$60 miliar untuk Ukraina yang dilanda perang.

Zelensky mengatakan kepada Biden bahwa Ukraina bisa menang. Sanksi finansial terhadap Rusia telah menjadikannya negara yang paling banyak terkena sanksi di dunia, namun belum memberikan dampak yang besar terhadap perekonomiannya.

Baca juga: Pemilihan Donald Tusk sebagai Perdana Menteri Polandia: Perubahan Menuju Pro-UE dan Prioritas Bantuan untuk Ukraina

Paket sanksi terbaru ini menargetkan jaringan pengadaan senjata multinasional yang dipimpin oleh warga negara Tiongkok Hu Xiaoxun, perusahaan pertahanan swasta miliknya yang berbasis di Tiongkok Jarvis HK, dan jaringan rekanan yang mengoordinasikan penjualan senjata dan komponen buatan Tiongkok ke Rusia.

Selain itu, sekelompok perusahaan yang berbasis di Turki, UEA, dan Maladewa yang terlibat dalam proses produksi senjata menjadi sasaran sanksi ekonomi.

“Kremlin terus mengubah Rusia menjadi perekonomian masa perang, namun mesin perang Putin tidak dapat bertahan hanya dengan produksi dalam negeri,” kata Menteri Keuangan Janet Yellen.

Sanksi ini terus memperketat kebijakan terhadap pemasok dan jaringan negara ketiga, kata dia, yang bersedia memberikan masukan yang sangat dibutuhkan Rusia untuk meningkatkan dan mempertahankan basis industri militernya.

Selain memberikan sanksi kepada produsen emas dan pengirim amunisi, Departemen Luar Negeri juga memberikan sanksi kepada tiga entitas yang terlibat dalam pengembangan terminal Gas Alam Cair Ust-Luga Rusia, yang saat ini sedang dibangun, dan akan dioperasikan oleh perusahaan energi multinasional milik negara yang mayoritas penduduknya berada di Rusia. perusahaan Gazprom dan perusahaan energi Rusia RusGazDobych.

"AS dan sekutunya bersatu dalam dukungan kami yang berkelanjutan terhadap Ukraina dalam menghadapi perang Rusia yang tidak beralasan, tidak dapat dibenarkan, dan ilegal,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam sebuah pernyataan.

Pihaknya akan terus menggunakan alat yang kami miliki untuk mendorong akuntabilitas atas kejahatan Rusia di Ukraina dan mereka yang mendanai dan mendukung mesin perang Rusia. Sanksi tersebut memblokir akses ke properti dan rekening bank AS serta mencegah orang dan perusahaan yang menjadi sasaran melakukan bisnis dengan warga AS. (CNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat