visitaaponce.com

Israel Akui Mayoritas Tahanan yang Ditelanjangi Warga Sipil Gaza

Israel Akui Mayoritas Tahanan yang Ditelanjangi Warga Sipil Gaza
Israel mengakui hanya sebagian kecil dari tahanan Palestina yang ditelanjangi merupakan anggota Hamas.(Instagram)

ISRAEL mengakui hanya sebagian kecil dari tahanan Palestina yang ditelanjangi merupakan anggota Hamas. Pejabat keamanan Israel mengklaim gambar-gambar tahanan yang dipublikasikan secara daring mempunyai dampak yang kuat terhadap motivasi anggota Hamas yang masih berperang di Gaza.

Negeri yang berdiri berkat penjajahan itu mengakui hanya 10%-15% warga Palestina yang baru-baru ini mereka tahan. Fotonya menunjukkan mereka diborgol dan ditelanjangi hingga menjadi berita utama secara global.

Mereka juga mencatat dalam sebuah pernyataan warga Palestina yang bukan anggota Hamas telah dibebaskan. Selain itu, menurut sumber, situasi ini tercatat tidak membuat seluruh unit Hamas menyerah secara massal dan menyerahkan senjatanya kepada aparat keamanan Israel.

Baca juga: Viral Puluhan Warga Palestina Diarak Tentara Israel, Ditelanjangi dan Diikat Tangannya

Meskipun demikian, para pejabat keamanan Israel bersikeras foto-foto para tahanan yang dipublikasikan secara daring itu mempunyai dampak yang kuat terhadap motivasi anggota organisasi yang masih berperang di Gaza.

Gambar puluhan pria Palestina yang ditangkap tentara Israel dan ditelanjangi telah beredar di media sosial. Jurnalis Palestina Diaa Al-Kahlout, kepala koresponden biro surat kabar pan-Arab yang berbasis di London, Al-Araby Al-Jadeed, yang didanai Qatar, termasuk di antara mereka yang ditangkap dan digeledah.

Baca juga: AS dan Israel Tolak Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

Israel melanjutkan serangan militernya terhadap Jalur Gaza pada 1 Desember setelah berakhirnya jeda kemanusiaan selama seminggu dengan kelompok Palestina Hamas. Kelompok ini telah membombardir Jalur Gaza dari udara dan darat, melakukan pengepungan dan melakukan serangan darat sebagai pembalasan atas serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober.

Korban tewas warga Palestina akibat serangan Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza telah meningkat menjadi 18.412 orang, kata Kementerian Kesehatan di wilayah kantong tersebut pada hari Selasa.

Juru bicara kementerian Ashraf al-Qudra mengatakan 50.100 orang terluka dalam serangan gencar Israel. Korban tewas Israel dalam serangan Hamas mencapai 1.200 orang, menurut angka resmi. (Anadolu/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat