visitaaponce.com

Perluas Serangan, Houthi Yaman Ancam Serang Kota Eilat Israel

Perluas Serangan, Houthi Yaman Ancam Serang Kota Eilat Israel
Juru bicara Houthi Yaman Brigadir Yahya Saree(AFP)

TIDAK gentar, Angkatan bersenjata Houthi Yaman kembali peringatkan Amerika Serikat dan Israel. Yaman bahkan mengaku akan memperluas serangannya ke Kota Eilat, Israel. 

Juru bicara militer Houthi Yahya Saree, dalam pernyataan yang disiarkan di saluran TV al-Masirah yang dikelola Houthi, menegaskan komitmen kelompok tersebut untuk melawan segala penindasan terhadap rakyat Gaza, Palestina dan potensi agresi terhadap Yaman.

"Kami ingin memberitahukan, bahwa operasi kami tidak hanya di Laut Merah saja. Kami telah memperluas operasi untuk mengepung Israel dari segala sisi. Kami kirim pesawat tak berawak untuk menargetkan kota Eilat Israel," ujar Saree. 

Baca juga : Italia dan Spanyol Tolak Bersekutu dengan AS di Laut Merah

Yaman juga berjanji akan terus menyerang kapal-kapal yang berkaitan dengan Israel di Laut Merah. Yahya Saree menyatakan, mereka baru akan berhenti melakukan serangan di Laut Merah ketika makanan, minuman , obat-obatan masuk di Gaza tanpa halangan dan Israel menarik mundur semua pasukannya.

"Gencatan senjata total," tegas Saree.

Baca juga : Israel Tarik Mundur Brigade Elite Golani di Gaza, setelah Kalah Tempur di Shujaiya

Dalam beberapa pekan terakhir, kelompok pemberontak itu menyasar kapal-kapal kargo yang berkaitan dengan Israel di Laut Merah bagian selatan dan Selat Bab al-Mandab, menyebut solidaritas dengan warga Palestina di tengah konflik yang sedang berlangsung di Gaza sebagai alasan mereka. 

Kelompok Houthi mengatakan akan menghentikan serangan terhadap kapal-kapal itu jika bantuan makanan dan obat-obatan diizinkan masuk ke Jalur Gaza. 

Pekan lalu, AS mengumumkan koalisi maritim multinasional untuk mengamankan kapal-kapal yang melewati Laut Merah setelah serangkaian serangan Houthi.

Pemberontak menguasai sebagian besar wilayah utara Yaman, termasuk kota pelabuhan strategis di Laut Merah, Hodeidah, sejak mereka menggulingkan pemerintah Yaman dari Sanaa, ibu kota negara itu.  (Xinhua/Ant/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat