visitaaponce.com

Rusia Hujani Kharkiv dengan Rudal

Rusia Hujani Kharkiv dengan Rudal
Rusia menggempur kota Kharkiv di Ukraina dengan rudal dan drone beberapa jam menjelang Malam Tahun Baru, Minggu (31/12).(AFP)

RUSIA menggempur kota Kharkiv di Ukraina dengan rudal dan drone beberapa jam menjelang Malam Tahun Baru, Minggu (31/12). Aksi tersebut terjadi beberapa jam setelah Moskow menuduh Kyiv melakukan serangan udara mematikan di seberang perbatasan di dekat Belgorod, Sabtu (30/12).

Dalam gelombang pertama serangan Rusia, setidaknya enam rudal menghantam Kharkiv, kata Kepolisian Nasional Ukraina. Itu melukai sedikitnya 22 orang dan menghantam 12 gedung apartemen, 13 rumah tempat tinggal dan sebuah taman kanak-kanak.

Sebelumnya, para pejabat Ukraina mengatakan di antara mereka yang terluka di Kharkiv adalah dua anak laki-laki berusia 14 dan 16 tahun, serta seorang penasihat keamanan untuk tim jurnalis Jerman.

Baca juga: Ukraina Menangkis Drone saat Rusia Membalas Serangan di Belgorod

Menjelang tengah malam, sebagai bagian dari pemboman yang lebih luas terhadap Ukraina yang juga menargetkan Kyiv. Beberapa gelombang drone Rusia menghantam bangunan tempat tinggal di pusat Kharkiv, memicu kebakaran.

"Menjelang Tahun Baru, Rusia ingin mengintimidasi kota kami, tapi kami tidak takut kami tidak bisa dipatahkan dan tidak terkalahkan," kata Wali kota Ihor Terekhov.

Baca juga: Rusia Gempur Kota-Kota Ukraina dengan Rudal

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah apa yang dikatakan Moskow sebagai serangan udara Ukraina yang tanpa pandang bulu terhadap kota Belgorod, dekat Kharkiv dan di utara perbatasan Ukraina, yang menewaskan sedikitnya 22 orang.

Surat kabar Rusia Kommersant mengutip sumber yang dekat dengan Komite Investigasi Rusia yang mengatakan bahwa Ukraina melancarkan serangannya ke Belgorod dari beberapa peluncur roket di wilayah Kharkiv.

Terekhov memposting beberapa foto yang menunjukkan jendela-jendela bangunan tempat tinggal pecah dan petugas pemadam kebakaran memadamkan api di tempat yang tampak seperti sebuah toko.

Kedua belah pihak telah meningkatkan serangan pada minggu terakhir 2023, dengan Rusia menewaskan sedikitnya 31 warga sipil dalam serangan udara terbesarnya dalam perang terhadap Ukraina pada Jumat (29/12).

Presiden Amerika Serikat Joe Biden ketika ditanya apakah dia akan berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy setelah serangan terbaru Rusia di Ukraina, berkata, "Saya berbicara dengannya secara rutin.” (France24/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat