visitaaponce.com

Korban Tewas Akibat Gempa Jepang Meningkat Jadi 98 Orang

Korban Tewas Akibat Gempa Jepang Meningkat Jadi 98 Orang
Tim penyelamat kembali menemukan korban meninggal gempa di Jepang, sehingga total korban tewas mencapai 98 orang.(AFP)

JUMLAH korban tewas akibat gempa bumi bermagnitudo 7,6 yang melanda Semenanjung Noto dan sekitarnya di Jepang tengah pada Senin (1/1), menjadi 98 orang. Fenomena alam ini juga menyebabkan kerusakan struktural parah dan kebakaran di Prefektur Ishikawa di pesisir Laut Jepang.

Pejabat kota di Wajima, salah satu daerah yang terkena dampak paling parah, yakin ada sekitar 100 lokasi di mana orang masih terjebak di bawah bangunan yang hancur dan menunggu penyelamatan.

Hingga Sabtu (6/1) pagi, 211 orang belum ditemukan di prefektur tersebut ketika tim penyelamat berlomba untuk membebaskan para penyintas dari puing-puing. Hujan diperkirakan akan turun hingga Minggu (7/1), diikuti oleh salju di wilayah tersebut.

Baca juga: Kim Turut Beduka Dengan Rakyat Jepang

Pihak berwenang masih kesulitan mengirimkan pasokan bantuan akibat kerusakan jalan di Ishikawa akibat gempa. Lebih dari 31 ribu orang masih dievakuasi di 357 tempat penampungan.

Beberapa tempat penampungan memiliki akses yang terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali terhadap air mengalir untuk menyiram toilet. Sehingga menyebabkan masalah kebersihan dan kesehatan mental.

Baca juga: Korban Tewas Akibat Gempa di Jepang Jadi 92 Orang, dan 242 Hilang

Pemerintah prefektur Ishikawa berencana membangun rumah sementara bagi warga yang terkena dampak. Namun pembangunannya baru akan dimulai pada Jumat (5/1).

Gempa susulan terus mengguncang wilayah Noto, termasuk gempa berkekuatan 5,3 yang tercatat di atas 5 skala intensitas seismik Jepang yaitu 7 pada Sabtu (6/1) pagi. (Kyodo/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat