visitaaponce.com

11 Orang Tewas Akibat Serangan Rusia di Ukraina Timur

11 Orang Tewas Akibat Serangan Rusia di Ukraina Timur
Petugas dan warga melakukan pencarian warga Kota Pokrovsk, Ukraina yang tertimbun akibat rudal Rusia.(AFP/Donoda)

SEDIKITNYA 11 orang, termasuk lima anak-anak, tewas akibat serangan rudal Rusia di Kota Pokrovsk, Ukraina Timur, pada hari Sabtu (6/1). Serangan itu seiring dengan semakin intensifnya pengeboman di wilayah tersebut.

Sejak akhir Desember, telah terjadi peningkatan jumlah serangan di Ukraina dan Rusia, dengan korban jiwa yang cukup besar, karena perang yang dipicu oleh invasi Rusia pada Februari 2022 mendekati akhir tahun kedua.

Meskipun terjadi intensifikasi, garis depan hampir tidak bergeser. Sedikitnya 8 orang juga terluka ketika pasukan Rusia menghantam daerah tersebut dengan rudal S-300.

Baca juga: Masyarakat Ukraina Tolak Mobilisasi 600 Ribu Tentara

"Pukulan utama diberikan kepada Pokrovsk dan Rivne di komunitas Myrnograd," kata kepala wilayah Donetsk, Vadim Filashkin, di Telegram.

Dia merilis foto-foto yang menunjukkan para petugas penyelamat bekerja di antara puing-puing serangan yang merusak enam rumah di Pokrovsk dan satu rumah lainnya di Rivne.

Menurut layanan darurat, jumlah korban dapat meningkat dengan enam orang, termasuk dua anak-anak, diyakini berada di bawah reruntuhan salah satu bangunan.

Baca juga: Rusia Dituduh Gunakan Rudal Balistik dari Korea Utara dalam Melawan Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengecam serangan tersebut. "Rusia hanya menghantam bangunan tempat tinggal biasa, rumah-rumah pribadi,” katanya.

Dia meyakinkan bahwa tidak ada serangan Rusia yang tidak akan berjalan tanpa konsekuensi.

Kota Pokrovsk, yang memiliki populasi 60 ribu orang sebelum perang, telah dihantam pemboman mematikan pada Agustus lalu, yang menewaskan sembilan orang dan melukai 82 lainnya. Kota ini berjarak sekitar lima puluh kilometer dari garis depan pertempuran.

Di tempat lain di Ukraina, satu orang dewasa dan dua anak-anak terluka dalam penembakan di wilayah Kherson di bagian selatan.

Satu orang tewas di Toretsk, dekat Bakhmut, dan satu orang lainnya tewas dan dua lainnya terluka di Nikopol, di bagian timur, menurut pihak berwenang setempat.

(AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat