visitaaponce.com

4 Bayi Prematur Meninggal dalam Kebakaran di Rumah Sakit Irak

4 Bayi Prematur Meninggal dalam Kebakaran di Rumah Sakit Irak
Empat bayi prematur meninggal dalam kebakaran tragis yang terjadi di rumah sakit bagian selatan Irak akibat korsleting listrik. (Freepik)

EMPAT bayi prematur tragis tewas dalam insiden kebakaran yang terjadi pada Senin (8/1) di ruang bersalin rumah sakit bagian selatan Irak. Informasi ini diumumkan Kementerian Kesehatan Irak bersama Palang Merah.

Dalam pernyataannya, Palang Merah Irak melaporkan 150 anak dan 190 orang dewasa berhasil dievakuasi dari kebakaran yang melanda kota Diwaniyah, sekitar 175 kilometer di selatan Baghdad.

Menurut Kementerian Kesehatan, penyebab kebakaran adalah korsleting listrik yang menyebabkan terbakarnya kertas bekas dan material milik perusahaan yang sedang melakukan renovasi di rumah sakit. Menteri Kesehatan Saleh al-Hasnawi menyampaikan informasi ini dalam konferensi pers di lokasi kejadian setelah petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api.

Baca juga: Serangan AS Membunuh Komandan pro-Iran di Irak

Beliau menyatakan, "Asap memasuki gedung, tetapi tidak sampai menyebar ke api itu sendiri." Sayangnya, empat bayi yang lahir prematur dan dirawat di unit perawatan intensif neonatal meninggal karena komplikasi pernapasan akibat kejadian ini.

Perdana Menteri Mohammed Shia al-Sudani telah memerintahkan pemecatan mereka yang terbukti "bertanggung jawab atas kelalaian" dalam kejadian ini.

Baca juga: Pasukan Hash Pro-Iran di Irak Sebut AS Bunuh Komandan Senior

Adalah hal yang disayangkan bahwa norma-norma keselamatan seringkali diabaikan, terutama dalam sektor konstruksi dan transportasi di Irak.

Pada akhir September 2023, tragedi serupa terjadi ketika sekitar seratus orang tewas dalam kebakaran yang dipicu kembang api di sebuah gedung pernikahan di utara negara ini.

Pada Juli 2021, kebakaran di ruang isolasi Covid di sebuah rumah sakit di selatan Irak menyebabkan kematian 60 orang. Beberapa bulan sebelumnya, ledakan tabung oksigen memicu kebakaran di sebuah rumah sakit di Baghdad yang merenggut lebih dari 80 nyawa. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat