visitaaponce.com

Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Baru Hipersonik, Jepang Merasa Terancam

Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Baru Hipersonik, Jepang Merasa Terancam
Uji coba rudal balistik Korea Utara di sebuah tempat yang dirahasiakan, Minggu (14/1).(AFP/KCNA via KNS)

KOREA Utara berhasil menguji rudal balistik berbahan bakar padat yang dilengkapi hulu ledak pada Senin, 15 Januari 2024. Meski Korut menyatakan uji coba tersebut tidak ada hubungannya dengan situasi regional, Jepang mengaku merasa terancam.

Pyongyang mengatakan Badan Rudalnya menguji coba rudal balistik jarak sedang yang dilengkapi dengan hulu ledak hipersonik yang dapat bermanuver secara terkendali.

"Uji coba tersebut tidak akan mempengaruhi keamanan negara tetangga manapun dan tidak ada hubungannya dengan situasi regional," kata badan tersebut dikutip dari Anadolu.

Baca juga : Pemimpin Korut Minta Pasukannya Siap Perang dengan Amerika 

Korea Selatan (Korsel) dan Jepang pada Minggu mengatakan bahwa Korut meluncurkan rudal balistik, tembakan rudal pertamanya tahun ini.

Ketegangan di Semenanjung Korea terus berlanjut sejak tahun lalu ketika dua negara Korea yang terpecah itu menggelar aktivitas militer, dengan Amerika Serikat dan Jepang juga ikut bergabung dengan Seoul dalam latihan militer gabungan.

Baca juga : Kim Jong Un: Nuklir Balas Nuklir

"Uji coba ini ditujukan untuk memverifikasi karakteristik meluncur dan bermanuver dari hulu ledak hipersonik jarak sedang yang dapat bermanuver secara terkendali dan keandalan mesin bahan bakar padat multi-tahap berdaya dorong tinggi yang baru dikembangkan," menurut laporan Kantor Berita KCNA yang berbasis di Pyongyang.

Badan tersebut mengatakan uji coba rudal semacam itu merupakan bagian dari aktivitas pertahanan reguler untuk mengembangkan sistem persenjataan yang kuat.

Jepang merasa terancam

Uji coba rudal balistik Korut itu dianggap sebagai ancaman besar bagi Jepang.

Rudal tersebut, yang menurut militer Korea Selatan telah terbang sejauh sekitar 1.000 kilometer, dimuat dengan hulu ledak terkontrol yang dapat bermanuver hipersonik.

Tokyo mengatakan rudal tersebut mendarat di perairan Laut Jepang, di luar zona ekonomi eksklusifnya, yang membentang 200 mil laut (370 kilometer) dari pantainya.

Kepala Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayashi mengatakan pada konferensi pers hari Senin bahwa Jepang yakin bahwa rudal yang diluncurkan hari Minggu adalah IRBM. 

Dia mengatakan rudal itu mungkin juga membawa hulu ledak hipersonik, yang lebih sulit dicegat, dan menambahkan bahwa Kementerian Pertahanan terus menganalisis uji coba tersebut.

"Lebih banyak peluncuran berbagai rudal oleh Korea Utara juga kemungkinan besar akan terjadi dalam waktu dekat," katanya.

Menurut Kementerian Pertahanan Jepang, IRBM memiliki jangkauan hingga 5.000 km, yang akan menempatkan A.S. wilayah Guam dalam jangkauan jika ditembakkan dari beberapa bagian Korea Utara. 

Guam adalah rumah bagi wilayah AS yang luas. pangkalan militer yang menampung kehadiran pembom secara bergilir yang kemungkinan besar akan digunakan dalam konflik apa pun di Semenanjung Korea.

"Namun senjata ini mungkin lebih berbahaya bagi Jepang dibandingkan Guam,” kata Tianran Xu, seorang analis di Open Nuclear Network.

Xu mengatakan hulu ledak rudal yang dapat bermanuver, yang dikenal sebagai hypersonic glide vehicle (HGV) atau boost-glide vehicle, tampaknya merupakan model yang sama dengan dua model yang diuji pada Januari 2022.

HGV diluncurkan dengan rudal sebelum memisahkan dan mendekati target. Bertentangan dengan namanya, kecepatan bukanlah fitur utama. Sebaliknya, ini adalah kemampuan manuver senjatanya: Ia dapat mengubah lintasan selama penerbangan, sehingga sulit untuk dicegat.

Xu mengatakan versi terbaru dari senjata tersebut menimbulkan risiko yang lebih tinggi bagi Jepang karena dalam ketiga uji penerbangan ini, rudal-rudal tersebut terbang dalam lintasan yang sangat tertekan, sehingga membuat pendeteksian rudal-rudal tersebut menjadi lebih sulit. (The Japan Times/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat