visitaaponce.com

Korut Kembali Tembakkan Beberapa Rudal Penjelajah

Korut Kembali Tembakkan Beberapa Rudal Penjelajah
Warga korsel menyaksikan peluncuran rudal korut dari televisi(Jung Yeon-je / AFP)

Pihak militer Korea Selatan mengatakan Korea Utara menembakkan beberapa rudal jelajah ke laut barat. Uji coba yang dilakukan Pyongyang ini berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan nuklir dengan Amerika Serikat (AS), Korea Selatan, dan Jepang.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan pada Rabu (24/1), bahwa militer AS dan Korea Selatan sedang menganalisis peluncuran tersebut. Peluncuran rudal itu dilakukan setelah uji terbang rudal balistik jarak menengah berbahan bakar padat pertama di negara itu pada 14 Januari lalu.

Aksi itu mencerminkan upaya Korut untuk memamerkan kemampuan senjata mereka guna menarget pangkalan militer AS di Jepang dan Guam. Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat dalam beberapa bulan terakhir, ketika pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, terus mempercepat pengembangan senjata negaranya dan mengeluarkan ancaman konflik nuklir yang provokatif terhadap AS dan sekutunya di Asia.

Menanggapi itu, AS, Korea Selatan, dan Jepang memperluas latihan militer gabungan mereka, yang digambarkan Kim sebagai bentuk latihan invasi. Dia mempertajam strategi pencegahan yang dibangun berdasarkan aset-aset AS yang memiliki kemampuan nuklir.

Pekan lalu, pihak Korut melakukan uji coba pesawat tak berawak bawah air yang berkemampuan nuklir. Langkah ini sebagai balasan provokasi latihan gabungan yang dilakukan oleh angkatan laut AS, Korea Selatan, dan Jepang. (VoA/Cah/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat