visitaaponce.com

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin akan Pulih Penuh dari Kanker Prostat

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin akan Pulih Penuh dari Kanker Prostat
Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, dinyatakan akan pulih sepenuhnya dari kanker prostat.(AFP)

MENTERI Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin, kemungkinan akan pulih sepenuhnya dari kanker prostat, dan prognosisnya "Bagus sekali," kata dua dokter setelah ia terlihat di rumah sakit Walter Reed untuk janji temu tindak lanjut.

Austin kontroversial karena menyembunyikan diagnosis kanker tersebut dari Presiden AS Joe Biden selama beberapa minggu. Ia tidak memberitahukan baik kepada komandan tertinggi maupun Kongres hingga beberapa hari setelah ia dirawat di rumah sakit pada 1 Januari karena komplikasi dari perawatannya.

"Menurut jadwal, Sekretaris Austin diperiksa hari ini di Walter Reed National Military Medical Center untuk janji temu pemantauan pasca-prostatektomi," kata para dokter dalam pernyataan yang dirilis oleh Pentagon.

Baca juga: Menhan AS Idap Kanker Prostat

"Ia terus pulih dengan baik dan diharapkan akan pulih sepenuhnya. Kanker prostat Sekretaris Austin diobati dengan cepat dan efektif, dan prognosisnya sangat baik," tambah mereka.

Austin, seorang tentara karier berusia 70 tahun, awalnya menjalani operasi kecil untuk mengobati kanker pada 22 Desember, dan pulang ke rumah keesokan harinya.

Baca juga: Menhan AS Kunjungi Kyiv, Serahkan Bantuan Militer Senilai US$100 Juta

Namun, ia kembali dirawat karena komplikasi termasuk mual dan nyeri parah pada 1 Januari. Gedung Putih tidak diberitahu tentang rawat inap Austin sampai 4 Januari, sementara Kongres tidak diberitahu sampai hari berikutnya, dan Biden baru mengetahui diagnosis kanker pada 9 Januari.

Austin dibebaskan dari Walter Reed pekan lalu, dan membuat penampilan publik pertamanya sejak dirawat di rumah sakit pada Selasa, berbicara melalui videolink dari tempat tinggalnya pada pembukaan pertemuan bantuan untuk Ukraina.

Anggota kongres Republik telah menyerukan agar Austin dipecat, tetapi Biden, sambil menyesali kelalaian penilaian Austin, mengatakan bahwa ia tetap percaya pada menteri pertahanannya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat