visitaaponce.com

Pemerintahan Presiden Argentina, Javier Milei, Tarik Kembali Langkah Fiskal dari Omnibus Bill

Pemerintahan Presiden Argentina, Javier Milei, Tarik Kembali Langkah Fiskal dari Omnibus Bill
Presiden Javier Milei, berencana menarik kembali langkah-langkah fiskal penting dari sebuah omnibus bill usai menghadapi resistensi politik(AFP)

PEMERINTAH Presiden Argentina yang berhaluan libertarian, Javier Milei, berencana menarik kembali langkah-langkah fiskal kunci dari sebuah omnibus bill yang luas setelah menghadapi perlawanan politik yang kuat, ungkap Menteri Ekonomi Luis Caputo, Jumat. 

Langkah-langkah ini mencakup reformasi pajak dan pensiun. Sementara bagian lain dari undang-undang tersebut tetap diajukan, dengan tujuan mengenalkan perubahan besar dan deregulasi pada ekonomi Argentina.

Banyak reformasi yang diterapkan oleh Milei saat ini tengah dihadapkan pada tuntutan hukum, dengan lebih dari 60 gugatan yang diajukan oleh serikat pekerja, kamar bisnis, dan LSM. 

Baca juga: Pengadilan Argentina Menangguhkan Reformasi Ketenagakerjaan Presiden Milei

"Penarikan kembali bagian fiskal dari undang-undang ini tidak berarti bahwa kami akan menyerah pada komitmen kami untuk mencapai keseimbangan fiskal, tujuan kami nol defisit," ungkap Caputo. 

"Kami hanya akan memberikan diri kami sedikit lebih banyak waktu" untuk bernegosiasi terkait reformasi ini, tambahnya.

Baca juga: Protes Massa di Argentina Terkait Reformasi Ekonomi Milei

Milei menyatakan Argentina semakin mendekati kemungkinan untuk mematuhi usulannya dalam mewujudkan dolarisasi ekonomi, sebuah ide yang juga didukung Caputo. "Dolarisasi adalah tujuan pemerintahan ini dan akan dilakukan ketika kondisinya tepat. Saat ini kondisinya lebih baik daripada saat kami mulai menjabat," kata Caputo.

Puluhan ribu warga Argentina menggelar protes di jalanan pekan ini, menentang kebijakan pemangkasan anggaran yang diusung oleh Milei. Sebagai kandidat outsider, Milei memenangkan pemilihan pada Desember lalu, mengambil alih gelombang kemarahan atas penurunan ekonomi yang telah berlangsung selama beberapa dekade. Dengan slogan "Tidak ada uang," ia berkomitmen untuk melakukan pemangkasan pengeluaran secara drastis di Argentina, yang mengalami inflasi melebihi 200% pada tahun lalu.

Sejak dilantik, Milei telah melakukan devaluasi terhadap mata uang peso lebih dari 50%, mengurangi subsidi pemerintah untuk bahan bakar dan transportasi, serta mengurangi jumlah kementerian menjadi setengahnya. Namun, banyak warga yang khawatir paket deregulasi dan reformasi ekonomi yang diusung Milei akan meninggalkan mereka rentan terhadap eksploitasi dan merugikan kondisi ekonomi mereka. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat