visitaaponce.com

ASEAN Dukung Kemerdekaan Palestina

ASEAN Dukung Kemerdekaan Palestina
Bendera ASEAN(AFP)

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan suara Indonesia sejalan dengan ASEAN yang mendukung kemerdekaan Palestina. Penghentian pendanaan untuk warga Gaza melalui badan khusus bernama UNRWA oleh negara-negara sekutu Israel harus dibatalkan.

"Saya sampaikan pandangan Indonesia secara sangat terbuka. Beberapa hal yang saya tekankan, ASEAN memiliki kesatuan sikap pada saat menyangkut isu principles, hukum internasional, hukum humaniter internasional, termasuk dalam menyikapi situasi di Gaza," katanya dalam press briefing mengenai pertemuan retreat para Menlu blok tersebut di Luang Prabang, Laos, Senin (29/1).

Baca juga : Dana Pengungsi Dihentikan, Iran Sebut Negara Barat Dukung Genosida di Gaza

Menurut Retno Indonesia juga sangat prihatin melihat memburuknya situasi di Gaza. Indonesia juga melihat beberapa negara dunia menganut double standard untuk menyikapi situasi Gaza.

Baca juga : Jepang Ikut Hentikan Dana Pengungsi Palestina UNRWA

Retno menekankan setiap manusia memiliki hak untuk dihormati yang sama, termasuk bangsa Palestina. Indonesia mencermati dari dekat keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) atas kasus yang dibawa oleh Afrika Selatan.

"Keputusan ICJ mencerminkan sikap bahwa tidak ada satupun negara yang berada di atas hukum," kata dia.

Indonesia juga, lanjut Retno, menyayangkan ditangguhkannya dukungan keuangan kepada UNRWA oleh beberapa negara donor, disaat para pengungsi Palestina sangat memerlukan bantuan.

"Investigasi yang terbuka, transparan serta kredibel terhadap tuduhan keterlibatan beberapa pegawai UNRWA perlu dilakukan, namun penundaan dukungan keuangan terhadap UNRWA merupakan collective punishment terhadap pengungsi Palestina," pungkasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat