visitaaponce.com

Ini Penyebab Drone Berhasil Hantam Pangkalan Militer AS di Yordania

Ini Penyebab Drone Berhasil Hantam Pangkalan Militer AS di Yordania
Foto satelit pangkalan militer Amerika Serikat (AS) Tower 22 yang berada di dekat perbatasan Yordania, Irak, dan Suriah.(AFP/Planet Labs)

KELOMPOK militer Yordania berhasil melancarkan serangan menggunakan drone ke pangkalan militer Amerika Serikat (AS), Minggu (28/1). Padahal pangkalan AS bernama Tower 22 ini memiliki pertahanan udara canggih.

Namun, alat pertahanan itu gagal menangkal serangan yang menewaskan empat tentara dan melukai 40 lainnya. Drone tersebut menghantam perumahan di pangkalan tersebut pada pagi hari.

Ini adalah serangan mematikan pertama terhadap pasukan AS sejak perang Israel-Hamas meletus pada Oktober dan menandai peningkatan besar ketegangan yang melanda Timur Tengah.

Baca juga: Republik Desak Biden Serang Iran

AS telah mengungkap drone itu masuk ke Tower 22 tempat berkumpulnya 350 tentara tanpa terdeteksi. Pertahanan udara gagal menghentikan serangan tersebut karena pesawat tak berawak itu masuk bersamaan dengan drone AS.

Kembalinya drone pengintai AS ke pangkalan ini menyebabkan sistem pertahanan udara tidak mampu mendeteksi pesawat musuh. Berbeda dengan dua drone lainnya yang menyerang lokasi di dekatnya berhasil ditembak jatuh.

The Wall Street Journal, sebelumnya, melaporkan adanya kesalahan penggunaan drone, yang kini menjadi inti penyelidikan Komando Pusat militer. 

Baca juga: Tiga Tentaranya Tewas di Yordania, AS Siapkan Serangan Besar

Militer AS merilis nama tiga tentara Cadangan Angkatan Darat yang tewas dalam serangan pesawat ini dengan korban termuda berusia 23 tahun.

Ketiganya adalah Sersan William Jerome Rivers, 46, dari Carrollton, Georgia, Kennedy Ladon Sanders, 24, dari Waycross, Georgia dan Breonna Alexsondria Moffett, 23, dari Savannah, Georgia.

“Atas nama Cadangan Angkatan Darat, saya ikut merasakan kesedihan yang dirasakan oleh teman-teman, keluarga, dan orang-orang terkasih mereka,” kata Kepala Cadangan Angkatan Darat dan panglima Komando Cadangan Angkatan Darat AS Letnan Jenderal Jody Daniels. (Straits Times/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat