visitaaponce.com

Protes Petani di Belanda Jalanan Ditutup dan Kebakaran

Protes Petani di Belanda: Jalanan Ditutup dan Kebakaran
Ratusan petani di Belanda menggelar protes dengan menutup jalanan dan menyulut kebakaran, menuntut pemotongan pajak bahan bakar.(AFP)

RATUSAN petani Belanda menggelar protes di berbagai wilayah negara pada Senin malam, menutup jalanan dan memicu kebakaran, demikian laporan polisi dan media Belanda. 

Protes ini merupakan bagian dari gelombang demonstrasi petani di seluruh Eropa yang menuntut pemotongan pajak bahan bakar, peningkatan harga produk, dan kelonggaran regulasi lingkungan UE.

Polisi di wilayah Gelderland Tengah melaporkan api dinyalakan, kembang api diledakkan, dan kendaraan pertanian melintasi jalan raya. Tindakan tegas diambil untuk menanggapi situasi tersebut. Meskipun laporan polisi tidak menyebutkan adanya penangkapan.

Baca juga : Puluhan Traktor Berencana Kepung Roma

Petani Belanda dan Belgia telah menggelar protes sejak minggu lalu, turut bergabung dalam gerakan yang dimulai di Prancis sebulan lalu dan kemudian menyebar ke Jerman, Polandia, Rumania, dan Yunani. Para petani menyuarakan ketidakpuasan terhadap regulasi pertanian yang dianggap terlalu membatasi, di antara keluhan lainnya.

Sementara itu, UE berupaya merespons keprihatinan ini menjelang pemilihan Parlemen Eropa tahun ini. Komisi Eropa pada Kamis berjanji untuk mengambil langkah-langkah guna membela kepentingan sah petani UE dalam perundingan perdagangan, termasuk dengan menjamin lapangan bermain yang seimbang dalam hal standar ketika ada perjanjian perdagangan. (AFP/Z-3)

Baca juga : Ribuan Petani Kepung Paris dengan Truk dan Traktor

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat