visitaaponce.com

Puluhan Traktor Berencana Kepung Roma

Puluhan Traktor Berencana Kepung Roma
Ribuan petani Italia membawa traktor mereka berdemonstrasi menekan pemerintah memperbaiki perekonomian kelas petani.(AFP)

RIBUAN petani Italia yang sebagian dari mereka membawa traktor mulai berkumpul di pinggir kota Roma, Senin (5/2). Mereka bersumpah akan melakukan demonstrasi besar-besaran untuk menekan pemerintah agar memperbaiki kondisi perekonomian kelas petani.

Italia adalah salah satu dari sejumlah negara di Eropa yang turut melakukan demonstrasi yang menuntut keringanan pajak bahan bakar, harga produk pertanian lebih baik, pelonggaran peraturan lingkungan dan menekan produk impor.

"Sekitar lima puluh traktor dari Tuscany menuju ke Via Nomentana, jalan utama menuju pusat kota Roma. Sekitar 1.500 dan 2.000 traktor akan dikumpulkan hingga Jumat (9/2)," kata Andrea Papa, salah satu pendiri gerakan Pembaruan Pertanian.

Baca juga : Ribuan Petani Kepung Paris dengan Truk dan Traktor

Para petani menuntut pertemuan dengan menteri pertanian Italia. Sekitar 200 traktor juga berkumpul di dekat jalan raya di Turin.

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni mengatakan kemarahan para petani disebabkan oleh transisi lingkungan yang menurutnya berdampak pada kehidupan petani.

Pemimpin sayap kanan ini sering mengkritik peraturan Uni Eropa (UE) sebagai serangan terhadap kepentingan pertanian Italia. Namun dia menyoroti bagaimana bantuan pertanian UE ke Italia telah meningkat lima hingga delapan miliar euro setelah negosiasi ulang. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat