visitaaponce.com

Besok, Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Hirup Udara Bebas

Besok, Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Hirup Udara Bebas
Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra( Lillian SUWANRUMPHA / AFP)

Mantan perdana menteri Thailand Thaksin Shinawatra yang dipenjara akan dibebaskan pada Minggu (18/2). Miliarder kontroversial ini, yang dua kali terpilih sebagai perdana menteri dan digulingkan dalam kudeta militer tahun 2006, dipenjara selama delapan tahun atas tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan sekembalinya ke Thailand pada Agustus lalu, namun hukumannya dikurangi menjadi satu tahun karena mendapat pengampunan dari Raja Maha Vajiralongkorn.

Berbicara kepada wartawan pada hari Sabtu (17/2) sebelum menaiki pesawat, Perdana Menteri Srettha Thavisin mengatakan pembebasan Thaksin akan dilakukan pada tanggal 18 Februari 2024 dan ditangani sesuai dengan aturan hukum. Hal ini terjadi setelah Menteri Kehakiman Tawee Sodsong mengatakan awal pekan ini bahwa Thaksin, 74, akan termasuk di antara 930 tahanan yang diberikan pembebasan dini.

Kepulangannya yang bertepatan dengan kembalinya Partai Pheu Thai ke pemerintahan yang beraliansi dengan partai-partai pro-militer, membuat banyak orang menyimpulkan bahwa sebuah perjanjian telah dicapai untuk mengurangi masa hukumannya.

Baca juga : Demokrasi Merosot di tengah Kecamuk Perang dan Polarisasi Politik

Rumor tersebut semakin kuat ketika ia dipindahkan ke rumah sakit polisi beberapa jam setelah dijatuhi hukuman karena kesehatannya yang buruk, dan tidak jelas apakah ia pernah benar-benar menghabiskan waktunya di sel penjara.

Media lokal melaporkan Thaksin menderita sesak dada dan tekanan darah tinggi ketika ia dirawat di rumah sakit, dan keluarganya mengatakan ia telah menjalani dua operasi pada bulan-bulan berikutnya. (AFP/M-3)

 
 
 
 

Baca juga : Pekan Depan Thaksin ShinawatraBisa Hirup Udara Segar

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat