visitaaponce.com

Australia Berambisi Membangun Armada Laut Terbesar Sejak Perang Dunia Kedua

Australia Berambisi Membangun Armada Laut Terbesar Sejak Perang Dunia Kedua
Ilustrasi - Australia mengungkapkan rencana 10 tahun untuk menggandakan armada kapal perang utamanya dan meningkatkan belanja pertahanan.(AFP)

AUSTRALIA mengumumkan rencana 10 tahun untuk melipatgandakan armada kapal perang utamanya dan meningkatkan belanja pertahanan sebesar US$7 miliar tambahan, menghadapi perlombaan senjata yang semakin intens di Asia-Pasifik.

Dalam rencana ini, Australia akan memiliki angkatan laut sebanyak 26 kapal perang permukaan utama, naik dari 11 saat ini.

"Ini adalah armada terbesar yang akan kita miliki sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua," kata Menteri Pertahanan Richard Marles.

Baca juga : Wakil PM Australia bakal ke Indonesia Bahas Penguatan Kerja Sama Pertahanan

Australia akan membangun enam fregat kelas Hunter, 11 fregat serbaguna, dan enam kapal perang permukaan canggih yang tidak perlu berawak. 

Setidaknya beberapa kapal akan dilengkapi dengan peluru kendali Tomahawk yang mampu melakukan serangan jarak jauh terhadap target di dalam wilayah musuh -- sebuah kemampuan pencegahan utama.

Pengumuman ini datang setelah akumulasi besar-besaran kekuatan oleh saingan seperti China dan Rusia, dan di tengah konfrontasi yang semakin meningkat antara sekutu yang dipimpin AS dan pemerintahan otoriter yang semakin agresif.

Baca juga : Prabowo Bahas Kerja Sama Pertahanan dengan Menhan Australia

Rencana ini akan membuat Australia meningkatkan belanja pertahanannya menjadi 2,4 persen dari produk domestik bruto, melampaui target dua persen yang ditetapkan oleh sekutu NATO-nya.

Beberapa kapal akan dibangun di Adelaide, menjamin lebih dari 3.000 pekerjaan, tetapi sebagian akan berasal dari desain AS dan desain yang belum diputuskan dari Spanyol, Jerman, Korea Selatan, dan Jepang. (AFP/Z-3)

Baca juga : Brasil Kubur Kapal Induk Eks Prancis di Samudra Atlantik

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat