visitaaponce.com

Israel Lancarkan Serangan Besar ke Lebanon

Israel Lancarkan Serangan Besar ke Lebanon
Israel melancarkan dua serangan di dekat kota Baalbek, Lebanon timur, yang disebut-sebut sebagai serangan pertama sejak perang di Gaza.(AFP)

SEBANYAK dua serangan Israel terjadi di dekat kota Baalbek di Lebanon timur pada Senin (26/2). Ini adalah serangan pertama Israel di wilayah tersebut sejak perang di Gaza meletus pada Oktober 2023.

Israel menyerang sasaran kelompok Hizbullah di dekat kota Baalbek, Lebanon, pada Senin, kata sumber keamanan. Serangan ini disebut-sebut sebagai yang pertama di timur Lebanon dalam bentrokan lintas batas sejak lima bulan terakhir.

"Serangan Israel menghantam sebuah gedung yang menampung lembaga sipil Hizbullah di pinggiran kota Baalbek," kata sumber itu.

Baca juga : Seratusan Orang Tewas Akibat Serangan Israel di Gaza

Militer Israel mengatakan pihaknya telah menyerang sasaran teror Hizbullah jauh di dalam Lebanon. Namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sejak beberapa bulan terakhir, serangan Israel sebagian besarnya menargetkan wilayah perbatasan selatan Lebanon. Tetapi akhir-akhir ini, serangan Israel dilakukan lebih jauh ke utara, kata sumber keamanan Lebanon.

"Serangan hari Senin adalah perluasan kampanye Israel," ucapnya.

Baca juga : Kota Hantu di Perbatasan Israel-Lebanon

Saluran televisi Lebanon Al-Jadeed menayangkan gambar asap mengepul dari daerah Baalbek pada Senin (26/2), ini. Sebelumnya di hari yang sama, Hizbullah menyatakan telah menembak jatuh drone Hermes 450 milik Israel dengan rudal permukaan-ke-udara.

Ini adalah kedua kalinya mereka mengeklaim telah menjatuhkan drone jenis tersebut. Hizbullah dan Israel telah saling baku tembak di sepanjang perbatasan selatan Lebanon sejak Oktober 2023.

Kala itu, Hizbullah menembakkan roket ke Israel untuk mendukung sekutu Palestinanya, Hamas, yang memerangi Israel di Gaza. Konflik telah berlangsung selama lebih dari empat bulan dan membuat banyak orang meninggalkan rumah mereka di kedua sisi perbatasan.

Lebih dari 89 ribu orang di Lebanon telah meninggalkan kota mereka, terutama yang dekat dengan perbatasan Israel. Konflik tersebut telah menewaskan sedikitnya 278 orang, 193 di antaranya adalah anggota Hizbullah dan 44 warga sipil. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat