visitaaponce.com

Maruf Amin Temui PM Selandia Baru Luxon Bahas Upaya Peningkatan Perdagangan

Ma'ruf Amin Temui PM Selandia Baru Luxon Bahas Upaya Peningkatan Perdagangan
Wakil Presiden Ma'ruf Amin(MI)

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menemui Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Christopher Luxon di Gedung Parlemen Selandia Baru, Selasa (27/2). Pertemuan itu dimaksudkan untuk membicarakan solusi peningkatan transaksi perdagangan kedua negara yang belakangan ini menurun.

"Kita sepakat untuk meningkatkan perdagangan, kemitraan kita, persahabatan kita terutama di bidang perdagangan yang akhir-akhir ini mengalami penurunan," ujar Ma'ruf di Wellington, Selandia Baru, Selasa.

Wapres mengatakan transaksi perdagangan Indonesia dan Selandia Baru mengalami tren penurunan dari US$2.128,7 juta pada 2022 menjadi hanya US$1.728 juta pada 2023.

Baca juga : Selandia Baru Teken Kesepakatan Perdagangan Ambisius dengan UE

Dalam kesempatan itu Wapres menyampaikan dua hal yang menjadi peluang untuk mengatasi kondisi neraca perdagangan kedua negara.

Pertama, berkaitan dengan pengembangan ekosistem halal. Ia ingin ada kerja sama bilateral RI-Selandia Baru untuk meningkatkan transaksi dagang produk halal.

Menurut Ma'ruf Selandia Baru memiliki potensi produk halal dari produksi daging sapi, sedangkan Indonesia kaya akan rempah-rempah. Dua komoditas halal tersebut kini menyumbang nilai perdagangan kedua negara sampai 50%.

Kedua, Kemitraan Indonesia dengan negara-negara di Pasifik harus terus ditingkatkan.

"Kami sangat menghargai dukungan Selandia Baru selama ini dalam mendorong peningkatan peran Indonesia di Forum Negara Kepulauan Pasifik. Saya berpandangan agar kiranya dapat dipertimbangkan pembentukan kerja sama trilateral dengan salah satu negara Pasifik lainnya di bidang ekonomi dan pembangunan," tuturnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat