visitaaponce.com

Menang di Michigan, Biden Diprotes Perang Israel di Gaza

Menang di Michigan, Biden Diprotes Perang Israel di Gaza
Abbas Alawieh menyampaikan sambutan pada acara malam pemilihan pendahuluan Tidak Berkomitmen untuk Joe Biden di restoran Adonis.(AFP/Kevin Dietsch)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan calon utama Partai Republik Donald Trump meraih kemenangan dengan mudah dalam pemilihan pendahuluan partai mereka di Michigan. Namun penghitungan awal pada Selasa (27/2) menunjukkan bahwa Biden menghadapi tentangan nyata atas dukungannya terhadap perang Israel di Jalur Gaza, Palestina.

Michigan ialah rumah bagi populasi Arab-Amerika yang besar. Banyak yang mengkritik Biden karena gagal menghentikan pertempuran menyusul serangan mematikan 7 Oktober oleh Hamas yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh AS dan Uni Eropa.

Dengan 25% suara telah dihitung, Biden mendapat 80% dukungan dan tanpa komitmen mendapatkan 14,5%. Jumlah yang terakhir ini mencapai 33.000 surat suara sejauh ini. Ini lebih tinggi dari target 10.000 yang ditetapkan oleh penyelenggara protes.

Baca juga : Erdogan Serukan Tekanan kepada AS untuk Hentikan Serangan Israel

Michigan secara rutin menawarkan opsi tanpa komitmen sebagai cara untuk mempertanyakan seorang kandidat yang disebutkan mendapat dukungan dari basis partai ata tidak.

Mantan Presiden AS Donald Trump memenangkan pemilihan pendahuluan presiden Partai Republik di Michigan dengan selisih yang besar, menurut proyeksi media, semakin memperkuat cengkeramannya pada nominasi Partai Republik di Gedung Putih ketika Nikki Haley, saingan terakhirnya yang tersisa, berada di urutan kedua.
"Dengan 8% dari perkiraan suara Partai Republik telah dihitung, Trump mendapat 64% dukungan dibandingkan Haley yang 32%," menurut Edison Research.

Michigan diperkirakan memainkan peran yang menentukan dalam pemilihan presiden November nanti. Kemungkinan ini merupakan pertarungan ulang antara Biden dan Trump. Ini keadaan medan pertempuran yang bisa mengarah ke salah satu pihak.

Biden mengalahkan Trump di Michigan hanya dengan selisih 2,8 poin persentase pada pemilu 2020. Banyak komunitas Arab-Amerika di Michigan yang mendukung Biden pada 2020 kini marah bersama dengan beberapa anggota Partai Demokrat progresif, atas dukungan Biden terhadap serangan Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 29.000 warga Palestina.

Baik pejabat Gedung Putih maupun pejabat kampanye Biden telah melakukan perjalanan ke Michigan dalam beberapa pekan terakhir untuk berbicara dengan para pemimpin masyarakat mengenai perang Israel di Gaza. Dibahas pula cara presiden AS melakukan pendekatan terhadap konflik tersebut. (Aljazeera/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat