visitaaponce.com

Puluhan Petani yang Melakukan Aksi Demonstrasi di Champs-Elysees Ditangkap

Puluhan Petani yang Melakukan Aksi Demonstrasi di Champs-Elysees Ditangkap
Polisi Prancis berdiri di dekat traktor yang diparkir di dekat Arc de Triomphe di Champs-Elysees Avenue kala demonstrasi petani di Paris.(AFP/Thomas SAMSON)

KEPOLISIAN Prancis, Jumat (1/3), menahan puluhan petani yang melakukan aksi demonstrasi di Champs-Elysees di pusat kota Paris karena menghalangi lalu lintas di jam sibuk di pagi hari.

Menggunakan traktor dan tumpukan jerami, para petani menghentikan arus lalu lintas di jalan raya yang berada di depan monumen Arc de Triomphe, yang terletak hanya beberapa kilometer dari kantor Presiden Emmanuel Macron.

Para petani yang melakukan aksi demonstrasi menyebut aksi mereka bertujuan menyelamatkan pertanian Prancis.

Baca juga : Kunjungan Macron Dibayangi Bentrokan Petani dan Polisi

Petani di berbagai negara Eropa telah menggelar aksi demonstrasi selama beberapa pekan atas apa yang mereka sibuk sebagai aturan lingkungan yang sangat membatasi pergerakan mereka, impor murah dari luar Uni Eropa, serta bayaran yang rendah.

Salah satu peserta demonstrasi Axel Masson mengatakan sekitar 100 orang rekannya berkumpul di putaran kenamaan di Kota Paris itu sejak pukul 03.00 dini hari untuk melakukan aksi damai.

Sejumlah petani membagikan sekantong kentang kepada pengemudi yang terjabk dalam kemacetan di sekitar Arc de Triomphe.

Beberapa petani terlihat berbincang dengan polisi sebelum kemudian ditangkap ketika Paris tengah menjadi tuan rumah pameran pertanian tahunan.

Jaksa Prancis, Jumat (1/3) malam, mengatakan sebanyak 72 orang ditahan namun kemudian telah dibebaskan. (AFP/Z-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat