visitaaponce.com

13 Ribu Anak Terbunuh di Gaza akibat Serangan Israel

13 Ribu Anak Terbunuh di Gaza akibat Serangan Israel
Anak-anak Palestina mengangkut wadah air di sepanjang jalan di Rafah di selatan Jalur Gaza pada 3 Maret 2024(AFP)

SEBANYAK 13.430 anak-anak telah terbunuh di Jalur Gaza, Palestina, akibat serangan udara dan operasi darat Israel sejak dimulai perang Israel-Hamas pada 7 Oktober 2023.

Laporan dari media pemerintah di Gaza pada Senin (3/3) mencatat bahwa 8.900 perempuan terbunuh selama 150 hari. Sekitar 7.000 orang atau 70% di antara korban itu ialah perempuan dan anak-anak masih berada di bawah reruntuhan atau hilang.

Kantor media pemerintah setempat mengatakan sebanyak 364 petugas kesehatan dan 132 jurnalis juga kehilangan nyawa selama periode tersebut.

Baca juga : UNICEF: Jalur Gaza Tempat paling Berbahaya Dunia bagi Anak

Sebagai peringatan terhadap meningkatnya kelaparan di Gaza, kantor tersebut mengatakan Israel telah mencegah masuknya makanan dan pasokan bantuan bahkan menargetkan kendaraan bantuan yang mencoba mencapai wilayah tersebut. Hal ini menyebabkan kematian puluhan orang yang mencari makanan untuk keluarga mereka.

Israel telah melancarkan serangan mematikan di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober. Pengeboman Israel yang terjadi kemudian menewaskan 30.534 orang dan melukai 71.920 lainnya dengan kehancuran massal dan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok.

Perang Israel telah menyebabkan 85% penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan. Sekitar 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur berdasarkan laporan PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza. (Anadolu/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat