visitaaponce.com

PBB Pemblokiran Israel Gagalkan Pengiriman Bantuan

PBB : Pemblokiran Israel Gagalkan Pengiriman Bantuan
WFP tidak bisa menembus penghadangan dan penyerangan terhadap konvoi logistik oleh tentara Israel.(AFP)

PBB tidak berhasil dalam upayanya pengiriman ke Gaza utara yang hampir mengalami kelaparan akut. Alasannya pihak yang bertanggung jawab dalam urusan ini, Program Pangan Dunia (WFP) tidak bisa menembus penghadangan dan penyerangan terhadap konvoi logistik oleh tentara Israel.

WFP pun menghentikan pengiriman bantuan ke wilayah itu pada 20 Februari. Badan PBB yang bermarkas di Roma tersebut mengatakan pihaknya mengirimkan konvoi makanan sebanyak 14 truk ke Gaza utara, namun ditolak tentara Israel setelah menunggu tiga jam di pos pemeriksaan Wadi Gaza.

Truk-truk tersebut dialihkan rutenya dan kemudian dihentikan dengan 200 ton makanan dijarah. 

Baca juga : PBB Desak Penyelidikan Penembakan Massal oleh Israel di Gaza

“Meski konvoi hari ini tidak sampai ke utara untuk menyediakan makanan bagi masyarakat yang kelaparan, WFP terus menjajaki segala cara yang mungkin untuk melakukannya,” kata Wakil Direktur Eksekutif WFP Carl Skau.

Pekan lalu, seorang pejabat senior bantuan PBB mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa setidaknya 576 ribu orang di Jalur Gaza, seperempat dari populasi. Itu berada selangkah lagi dari kelaparan.

Juga pada pekan lalu, Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan pasukan Israel membunuh 118 orang yang mencoba mendapatkan bantuan dari konvoi di dekat Kota Gaza dan korban yang selamat mengatakan mereka ditembak. 

Israel mengatakan sebagian besar korban tewas terinjak atau terlindas saat panik. (Anadolu/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat