visitaaponce.com

Kekhawatiran Korea Selatan Terhadap Potensi Eskalasi Mogok Dokter

Kekhawatiran Korea Selatan Terhadap Potensi Eskalasi Mogok Dokter
Menteri Kesehatan Korea Selatan mengingatkan tentang ancaman terhadap nyawa pasien setelah para profesor kedokteran ikut mogok dengan dokter(AFP)

KEMENTERIAN Kesehatan Korea Selatan memperingatkan tentang ancaman terhadap nyawa pasien pada Selasa setelah profesor kedokteran mengindikasikan kemungkinan bergabung dengan para dokter muda yang sedang melakukan mogok kerja selama tiga minggu, menyebabkan kekacauan dalam layanan kesehatan.

Ribuan dokter muda berhenti bekerja pada 20 Februari untuk memprotes rencana pemerintah yang ingin meningkatkan jumlah dokter secara signifikan, yang dianggapnya sangat penting untuk mengatasi kekurangan dan melayani populasi Korea Selatan yang menua dengan cepat. Namun, para dokter mengatakan rencana ini akan merusak kualitas layanan.

Pemerintah telah memerintahkan para dokter untuk kembali bekerja atau menghadapi tindakan hukum dan telah berusaha untuk menangguhkan lisensi medis bagi mereka yang menolak patuh, sambil menawarkan insentif dan mendirikan hotline pada Selasa untuk mendukung mereka yang menolak mogok.

Baca juga : RS Royal Progress Tangani Hernia dengan Metode Operasi Minimal Invasif

Pekan ini, para profesor kedokteran di salah satu universitas terkemuka di negara ini mengatakan mereka akan mengundurkan diri secara massal minggu depan, kecuali pemerintah menemukan "titik temu yang wajar" untuk mengakhiri kebuntuan.

"Saya menyatakan keprihatinan serius atas keputusan ini," kata Menteri Kesehatan Cho Kyoo-hong, Selasa, mendesak para profesor untuk membantu rekan-rekan mereka yang mogok kembali bekerja, bukan bergabung dengan mereka di garis depan mogok.

"Ini akan membahayakan kesehatan dan nyawa pasien," tambahnya.

Baca juga : Asosiasi Dokter Herbal Minta Fitofarmaka Bisa Diresepkan untuk Pasien BPJS Kesehatan

Namun, Asosiasi Profesor Kedokteran Korea mengatakan para dokter senior sedang bekerja keras untuk membantu rumah sakit menyediakan layanan penting di tengah berhentinya kerja.

Para profesor "berharap agar konflik ini segera berakhir," kata pernyataannya, tetapi memperingatkan bahwa kecuali pemerintah datang ke meja perundingan "tanpa syarat" untuk berbicara, lebih banyak dokter mungkin akan bergabung dalam mogok kerja.

Namun, Presiden Yoon Suk Yeol berjanji pemerintah akan tetap berpegang pada rencana reformasinya, kata kantornya.

Baca juga : Israel Bohong, Sebut Pengosongan RS Al-Shifa Gaza karena Permintaan Dokter

"Yoon memberi tahu ajudannya untuk melakukan reformasi medis dengan cepat," kata juru bicara kepresidenan Kim Soo-kyung dalam suatu keterangan.

Seoul telah memobilisasi medis militer dan jutaan dolar dari cadangan negara untuk meredakan situasi ini.

Pemerintah berupaya untuk mendapatkan tambahan 2.000 mahasiswa ke sekolah kedokteran setiap tahunnya mulai tahun depan untuk mengatasi apa yang disebutnya sebagai salah satu rasio dokter per penduduk terendah di antara negara-negara maju.

Baca juga : Pelayanan Modern dan Terpadu Sembuhkan Derita Trigeminal Neuralgia

Para dokter mengatakan mereka khawatir reformasi ini akan merusak kualitas layanan dan pendidikan kedokteran, tetapi pendukung reformasi menuduh para dokter berusaha melindungi gaji dan status sosial mereka.

Menurut hukum Korea Selatan, dokter-dokter tidak diizinkan untuk melakukan mogok, dan kementerian kesehatan telah meminta polisi untuk menyelidiki orang-orang yang terkait dengan berhentinya kerja ini.

Rencana ini mendapat dukungan luas dari masyarakat, tetapi jajak pendapat baru oleh media lokal menemukan bahwa 34 persen orang menginginkan pemerintah untuk bernegosiasi guna mengakhiri kebuntuan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat