visitaaponce.com

Perdana Menteri Israel Setuju dengan Permintaan Biden terkait Rafah, Gaza

Perdana Menteri Israel Setuju dengan Permintaan Biden terkait Rafah, Gaza
PM Israel, Benyamin Netanyahu, telah menyetujui permintaan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, terkait pembumihangusan di Rafah, Gaza. (AFP)

PERDANA Menteri Israel Benyamin Netanyahu menyetujui permintaan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam pembumihangusan Rafah, Gaza. Netanyahu pun akan mengirim tim ke Washington untuk membahas strateginya.

“Kita telah sampai pada titik di mana masing-masing pihak telah memperjelas sudut pandangnya satu sama lain,” kata Penasihat Gedung Putih Jake Sullivan.

Saat memberikan pengarahan kepada wartawan di Washington mengenai panggilan telepon Biden-Netanyahu, Sullivan mengatakan presiden AS mengatakan kepada perdana menteri Israel bahwa tanpa rencana serangan di Rafah akan menjadi sebuah kesalahan.

Baca juga : Benjamin Netanyahu Menolak Kritik Joe Biden terhadap Kebijakan Perang Israel di Gaza

Jake mengatakan pembacaan Biden dan Netanyahu diisi dengan pernyataan Israel berkomitmen untuk mencapai semua tujuan invasi di Gaza. Percakapan pada Senin (18/3), ini juga merupakan yang pertama antara kedua pemimpin sejak 15 Februari.

Komunikasi keduanya juga terjadi di tengah ketegangan tajam antara Israel dan sekutu paling setianya mengenai cara Netanyahu menangani perang Gaza. Netanyahu menyebutkan tujuannya adalah melenyapkan Hamas, membebaskan semua sandera dan memastikan Gaza tidak akan menjadi ancaman bagi Israel.

Ia juga menunjuk pada penyediaan bantuan kemanusiaan penting yang membantu mencapai tujuan-tujuannya. Diketahui 31.726 warga Palestina telah terbunuh dan 73.792 lainnya terluka sejak Israel memulai serangannya di Gaza.

Sekitar 1.140 orang tewas dalam serangan yang dipimpin Hamas pada tanggal 7 Oktober dan 250 orang disandera, menurut data Israel, dan 132 orang masih hilang. (France24/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat