visitaaponce.com

Pemungutan Suara Dewan Keamanan PBB Terkait Gencatan Senjata Gaza Ditunda hingga Senin

Pemungutan Suara Dewan Keamanan PBB Terkait Gencatan Senjata Gaza Ditunda hingga Senin 
Dewan Keamanan PBB menunda pemungutan suara untuk gencatan senjata Gaza, ditunda sampai dengan Senin (25/3).(AFP)

PEMUNGUTAN suara di Dewan Keamanan (DK) PBB mengenai naskah gencatan senjata "segera" dalam perang Israel-Hamas ditunda hingga Senin, kata sumber diplomatik kepada AFP, setelah rancangan resolusi terpisah yang dipimpin Amerika Serikat (AS) diveto.

Amerika Serikat, sekutu utama dan pendukung militer Israel, telah mengajukan resolusi yang menyebutkan "pentingnya gencatan senjata segera dan berkelanjutan" dan mengutuk serangan Hamas pada 7 Oktober.

Rusia dan Tiongkok pada  Jumat memveto resolusi tersebut, namun tidak secara eksplisit menuntut agar Israel segera mengakhiri kampanyenya di Gaza.

Baca juga : PBB Akan Jadwalkan Voting Resolusi Gencatan Senjata Gaza yang Diajukan AS

Teks gencatan senjata baru tersebut dimaksudkan untuk dilakukan pemungutan suara pada hari Sabtu, namun diundur untuk memungkinkan diskusi lebih lanjut mengenai rancangan tersebut, kata sumber diplomatik.

Lebih dari 1.160 orang, sebagian besar warga sipil, tewas pada 7 Oktober ketika militan menyusup ke Israel dalam serangan paling mematikan di negara itu, menurut angka resmi Israel.

Israel telah berjanji untuk memberantas Hamas, yang menguasai Jalur Gaza. Lebih dari 32.000 orang, sebagian besar warga sipil, tewas dalam serangan balasan tersebut, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, dan PBB telah memperingatkan akan terjadinya kelaparan di wilayah tersebut. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat